18 Mar 2015

Kadinkes Pandeglang : Pelayanan Puskesmas Harus Lebih Baik



PEMBANGUNAN bidang kesehatan, merupakan salah satu program prioritas Pemkab Pandeglang. Kebijakan tersebut, didasarkan atas kenyataan bahwa bidang kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan harkat dan martabat manusia dalam kerangka pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas
Oleh karena itu, Dinkes Pandeglang berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada segenap lapisan masyarakat.
Hal itu diungkapkan Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan saat memberikan sambutan pada Peresmian Gedung Puskesmas Carita, Perdana dan Puskesmas Angsana yang dipusatkan di Puskesmas Carita, Rabu (18/3/2015).
Peresmian Puskesmas yang dilakukan oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi itu dihadiri oleh Asda II Setda Pandeglang H. Iskandar, Asda III Hj. Tati Suwagiharti, para anggota DPRD Pandeglang, unsur Muspika setempat, tokoh masyarakat dan agama, kader serta para Kepala Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.
Deden mengatakan, berhasilnya pembangunan kesehatan, pada hakikatnya menuntut kerjasama yang lebih sinergis antara Pemerintah, stakeholders dan seluruh komponen masyarakat, serta tidak kalah pentingnya adalah kesadaran masyarakat untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
“Untuk mewujudkan masyarakat Pandeglang yang lebih sehat harus ada sinergi antara peran Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah bertanggung jawab untuk menyediakan sumberdaya kesehatan seperti Dokter, perawat, penempatan bidan di setiap desa, menyediakan akses informasi kesehatan melalui sosialisaasi dan penyebarluasan media promosi kesehatan, dan fasilitas pelayanan kesehatan, serta mendorong pemberdayaan peran aktif masyarakat dalam setiap upaya kesehatan masyarakat,” jelasnya.
Sedangkan masyarakat, sambung Deden, harus juga bertanggung jawab dalam menyeimbangkan hak dan kewajiban dalam menjaga lingkungan serta berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Dia mengungkapkan, pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang menunjukan kemajuan yang berarti, antara lain dapat dilihat dari indicator kesehatan pada tahun 2010 dibandungkan dengan tahun 2014 yakni angka UHH meningkat dari 63,10 menjadi 64,4 tahun.
“Keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut, tidak lepas dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan khususnya bagi keluarga miskin diseluruh Puskesmas, melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta upaya perbaikan mutu pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas, Puskesmas pembantu hingga Pos Kesehatan Desa (Poskesdes),” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, Kadinkes berpesan kepada seluruh jajaran kesehatan, agar memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melaksanakannya sesuai prosedur, dan ketentuan yang berlaku. “Dan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan keberadaan Puskesmas secara optimal,” tegasnya.
Diapun berharap, kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa memuaskan masyarakat yang dating ke Puskesmas.
“Saya minta pelayanan Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan milik pemerintah harus lebih baik dari pelayanan kesehatan swasta,” tandasnya.
Peresmian gedung baru ketiga Puskesmas itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi didampingi Kepala Dinas Kesehatan H. Deden Kuswan dan sejumlah pejabat yang hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar