26 Mar 2015

Keberadaan Bidan Pandeglang Sudah Memadai



KEBERADAAN 689 Bidan di Kabupaten Pandeglang  saat ini sangat membantu pelayanan kesehatan, khususnya di daerah pelosok-pelosok pedesaan. Dari aspek kuantitas, jumlah bidan yang multifungsi  dalam memberikan layanan kesehatan tersebut jumlahnya sudah relatif memadai dibanding dengan jumlah desa/kelurahan yang ada sebanyak 339.
Menurut kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan, saat ini semua desa di Kabupaten Pandeglang telah terisi oleh bidan desa. “Bahkan satu desa ada yang diisi 2 sampai tiga tenaga kesehatan,” ungkap Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan disela menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Pandeglang, di gedung PKPRI Pandeglang, Selasa, (24/3/2015)
Namun demikian, diakui Deden, para bidan tersebut masih perlu perhatian dari pemerintah, khususnya tempat tinggal dan status kepegawaiannya. “Karena memang sebagian dari mereka bertugas sebagai sukarelawan di desa,” ujarnya.
Dia menerangkan, sebagai bidan desa mau tidak mau para petugas kesehatan itu harus bertugas siap siaga 24 jam. “Tidak jarang saat malam ketika terdapat masyarakat yang butuh pertolongan pun harus siap, terutama untuk kelahiran bayi,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar