22 Mar 2015

Seni Lengser Warnai Prosesi Peresmikan Gedung Baru Puskesmas Carita, Perdana dan Angsana


KEDATANGAN Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi disambut Seni Tradisional Lengser saat meresmikan penggunaan tiga gedung baru Puskesmas di tiga kecamatan berbeda yang dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Carita, Rabu (18/3).
Ketiga gedung yang diresmikan merupakan proyek pembangunan sarana kesehatan (sarkes) bersumber biaya  APBD Pandeglang TA. 2014 yakni rehabilitasi total gedung Puskesmas Carita dan Puskesmas Perdana di Kecamatan Sukaresmi serta relokasi gedung Puskesmas Kecamatan Angsana.
Kepala Puskesmas Carita H. Ajat mengatakan,  seni Lengser merupakan salah satu kesenian yang ada di Kabupaten Pandeglang yang penuh sarat akan makna, yang saat ini masih eksis di tengah-tengah masyarakat. “Lihat saja ketika seni tradisional ini ditampilkan di suatu acara, menimbulkan decak kagum dan tawa masyarakat,” ungkap Ajat yang mengaku kesenian ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sekalipun.
Ajat mengaku bersyukur karena bisa menjadi tuan rumah dalam peresmian tiga Puskesmas yang dipusatkan di Kecamatan Carita. “Ini penghargaan buat Puskesmas Carita, dipercaya menjadi tuan rumah,” katanya.
Dalam sambutan peresmian Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi mengatakan, pembangunan tiga unit gedung baru tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. “Program kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Pandeglang  yang bertujuan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM),” kata Bupati Erwan saat memberikan sambutannya.
Oleh karena itu, Pemkab Pandeglang berupaya untuk memenuhi dan mengembangkan sarana-prasarana layanan kesehatan agar semakin memadai. “Fasilitas dan sarana-prasarana yang memadai ini juga harus diimbangi dengan pemberi pelayanan yang ramah, sopan dan penuh perhatian oleh para tenaga kesehatan,” katanya.
Turut hadir dalam peresmian tersebut Asda II Setda Pandeglang H. Iskandar, Asda III Hj. Tati Suwagiharti, para anggota DPRD Pandeglang, unsur Muspika setempat, tokoh masyarakat dan agama, kader kesehatan serta para Kepala Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang H. Deden Kuswan mengatakan, pengembangan Puskesmas Carita dan Perdana menjadi dua lantai merupakan suatu kebutuhan. “Peningkatan kapasitas gedung Puskesmas ini untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pengunjung di Puskesmas tersebut. “Hal ini mengingat perkembangan daerah itu sangat menonjol dan dinilai akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat,” katanya.
Sementara untuk Puskesmas Angsana merupakan relokasi Puskesmas yang semula berada di lokasi banjir, dibangun kembali Puskesmas baru di lokasi yang lebih baik.
Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi menambahkan, Pemkab Pandeglang melalui Dinas Kesehatan  pada tahun anggaran 2015 masih terus melakukan pembangunan gedung Puskesmas baru yang lebih memadai. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pelayanan kesehatan. “Tahun ini direncanakan ada dua pembangunan Puskesmas  baru yaitu Labuan dan Puskesmas Cimanuk yang akan segera direlokasi,” ujar Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi, di lokasi peresmian.
Didi mengungkapkan, Puskesmas Labuan harus segera direlokasi karena bangunan Puskesmas Labuan yang lama saat ini sudah beralih fungsi menjadi rumah sakit. “Kalau Puskesmas Cimanuk akan dibangun Puskesmas yang lebih representative dari lokasi yang ada saat ini,” ungkapnya.
Menurutnya,pembangunan sarana bukan hanya peningkatan fasilitas kesehatan secara fisik. “Pemkab juga akan menambah armada Puskesmas Keliling (Pusling).  Puskesmas keliling ini digunakan untuk operasional Puskesmas dan juga berfungsi sebagai ambulans,” jelas Didi Mulyadi yang juga selaku Koordinator Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Program pembangunan sarana dan pra-sarana kesehatan Dinkes Pandeglang ini.
Selain pembangunan tersebut, lanjutnya, Dinkes juga akan merehabilitasi sejumlah Puskesmas yang mulai rusak, membangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), pembangunan rumah dinas medis dan paramedis, dan pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Puskesmas.
Sementara itu, Agus Surya, kepala Puskesmas Angsana menyatakan, dengan adanya bangunan baru pasti akan menambah semangat para pegawai , karena itu pihaknya pasti akan lebih baik lagi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. “Dengan sarana pelayanan kesehatan yang baru pasti akan bertugas lebih baik lagi, karena kami juga tidak mau ketika bangunannya bagus pelayanan buruk, karena itu saya dan pegawai lainnya akan bekerja keras bagai mana memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga,” ujar Agus.   Hal senada diungkapkan Kepala Puskesmas Perdana Jajat Mahrojat yang menyatakan kesiapannya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.
Peresmian gedung baru ketiga Puskesmas itu juga ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi didampingi Kepala Dinas Kesehatan H. Deden Kuswan dan sejumlah pejabat Pemkab Pandeglang, serta anggota DPRD Pandeglang, para tamu undangan dan alainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar