1 Apr 2015

Hari Jadi Pandeglang 141 : Kadinkes Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Sehat



BERPERILAKU Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mewujudkan masyarakat Pandeglang yang sehat merupakaan salah satu slogan Dinas Kesehataan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang untuk mewujudkan visi pembangunan kesehatan Kabupaten Pandeglang 2011-2016 yakni Masyarakat Sehat Mandiri Melalui Pelayanan Prima.
Visi tersebut berkaitan erat dengan cita-cita pemerintah dan harapan masyarakat Pandeglang yang ingin melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang paripurna, merata bermutu dan berkeadilan.
“Oleh karena itu PHBS harus menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat sehari-hari, karena sehat akan menjadi modal utama dalam pembangunan kualitas sumberdaya manusia,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan.
Selama ini, Pemkab Pandeglang, khususnya Dinkes terus melakukan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar PHBS menjadi budaya di kalangan masyarakat Pandeglang. “Ini telah sesuai dengan visi dinas kesehatan, dimana upaya yang kami lakukan selain berupaya  meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan berkeadilan, tetapi juga dengan penguatan pada upaya promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit),” kata Kadinkes.  
Menyambut momentum Ulang Tahun Kabupaten Pandeglang yang ke-141 pada 1 April 2015, Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan berharap, masyarakat  sudah memulai membiasakan diri  berperilaku hidup bersih dan sehat.
“PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat,” jelasnya.
Dia memaparkan, PHBS dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga ber PHBS yang melakukan 10 indikator PHBS yakni 1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, 2. Memberi ASI ekslusif, 3. Menimbang balita setiap bulan, 4. Menggunakan air bersih, 5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, 6. Menggunakan jamban sehat, 7. Memberantas jentik di rumah sekali seminggu, 8. Makan buah dan sayur setiap hari, 9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari, 10.Tidak merokok di dalam rumah
Pada 2016, Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan optimistis, visi Masyarakat Sehat Mandiri Melalui Pelayanan Prima dapat dicapai, dengan kerja keras seluruh jajaran kesehatan sebagai penggerak pembangunan kesehatan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat melalui wadah kegiatan desa siaga aktif.
Namun, katanya, karena wilayah Pandeglang sedemikian luasnya, masih banyak pesan atau informasi yang belum sampai ke masyarakat. Untuk itu ia berharap mitra Pemkab di kecamatan-kecamatan dapat bekerja sama dengan para petugas Puskesmas untuk turut mendukung serta menyukseskan program peningkatan PHBS di tatanan rumah tangga.
“Saya juga mengajak masyarakat, khususnya dari kalangan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan (Ormas), lembaga sosial masyarakat, termasuk media massa ayo bersama-sama memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk ber PHBS, guna mewujudkan masyarakat Pandeglang yang Sehat dan Cerdas”” harapnya. ()***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar