14 Jul 2015

36 Puskesmas Difungsikan Sebagai Posko Kesehatan Selama H-7 Hingga H+7 Idul Fitri 1436 H

DINAS Kesehatan (Dinkes) Pandeglang menyiagakan 36 Puskesmas sebagai Pos Kesehatan (Poskes) utama selama arus mudik dan arus balik  Lebaran, mulai H-7 hingga H+7 atau pada 10 Juli s/d 24 Juli 2015.
Selain itu, Dinkes Pandeglang juga mendirikan 8 Posko kesehatan tambahan yang tergabung bersama unsur  Kepolisian, Dishubkominfo, PMI maupun elemen masyarakat lainnya dalam rangka pengamanan arus mudik dan lebaran 1436 Hijriyah.
Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan mengungkapkan, kedelapan Posko kesehatan tambahan telah dioperasikan untuk mengantisipasi kesehatan pemudik yakni di seputar Alun-alun Kota Pandeglang, Terminal Kadubanen, Pertigaan Mengger Kecamatan Kaduhejo, Pustu Babakan Lor Kecamatan Cikedal, Terminal Tarogong Kecamatan Pagelaran, Pustu Banjarwangi Kecamatan Pulosari, lokasi pariwisata Lipo Kecamatan Carita, dan Posko kesehatan rujukan yang dipusatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Berkah.
H. Deden Kuswan menjelaskan, khusus untuk 20 Puskesmas yang terletak dijalur utama arus mudik yakni Puskesmas Cadasari, Karangtanjung, Kaduhejo, Cimanuk, Mandalawangi, Munjul, Cigeulis, Cibaliung, Cimanggu, Sumur Cisata, Jiput, , Saketi, Bojong, Picung, Menes, Labuan, Carita, Panimbang, dan Sobang, sudah diinstruksikan wajib jaga selama 24 jam.
“Untuk Puskesmas lainnya diinstruksikan siaga untuk melayani masyarakat setempat dengan membuat daftar piket petugas Puskesmas,” jelasnya.
Koordinator pelayanan kesehatan arus mudik 2015 Hj. Yeni Herlina menambahkan, masing-masing pos kesehatan akan dilayani oleh petugas medis/paramedis yang dilengkapi dengan logistik dan perbekalan kesehatan berupa sebuah tandu, obat-obatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), obat-obatan dasar, tensimeter, stetoskop serta sebuah tabung oksigen dan 1 unit ambulan.
“Selama bertugas tim kesehatan yang ditugaskan sebanyak 500 personil dijadwalkan dalam dua shif sehari mulai 07.00 – 19.00 Wib dan 19.00 – 07.00 Wib selama 24 jam, kecuali pada hari H saat hari pertama Hari Raya, petugas jaga dibagi menjadi tiga shift  pukul 07.00-14.00 Wib, pukul 14.00-21.00 Wib, dan pukul 21.00-07.00 Wib,” jelas Yeni yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Umum (Yankesum) Dinkes Pandeglang itu.

Dijelaskan, Pelayanan Pos Kesehatan ditujukan tidak hanya bagi pemudik dan pengemudi kendaraan, melainkan juga diperuntukan bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan pertolongan kesehatan. “Pelayanan kesehatan meliputi pelayanan gawat darurat, pelayanan kesehatan dasar, dan rawat inap tingkat pertama, dan pelayanan rujukan jika diperlukan,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar