20 Jul 2015

Limbah Puskesmas Akan Dijadikan Gas

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang tahun ini berencana untuk menerapkan sistem pengelolaan limbah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dengan teknologi biogas.

Program tersebut bertujuan agar limbah yang dihasilkan dapat digunakan menjadi sumber daya gas.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Pandeglang DR. H. Didi Mulyadi, SKM, M.Kes, mengatakan, sebagai percontohan pengelolaan limbah dengan sistem biogas akan dilakukan di dua puskesmas, yakni Puskesmas Saketi dan Puskesmas Menes. 

Limbah yang dikelola dengan sistem biogas di dua puskesamas tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan bakar gas untuk kepentingan laboratorium dan dapur puskesmas. “Jika di dua puskesamas tersebut berhasil, kemungkinan besar di tahun berikutnya akan diterapkan di puskesamas-puskesamas lain,” katanya kepada Radar Banten, kemarin.

Menurut Didi, saat ini limbah puskesamas masih dibuang begitu saja tanpa ke tempat penampungan tanpa ada upaya untuk memanfaatkannya kembali. “Limbah puskesamas seperti darah itu kan menghasilkan bakteri yang jika dikelola bisa menghasilkan gas,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Saketi Yani Sastra Negara menyambut baik rencana pembuangan limbah menggunakan sistem biogas karena bisa didaur ulang dan dikelola menjadi gas. “Kami sangat mendukung rencana itu, apalagi bila alatnya sudah ada di masing-masing puskesmas,” katanya. (RB/mg-11/zis/dwi)

Sumber : RadarBanten.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar