13 Jul 2015

Dinkes Pandeglang Siagakan 45 Posko Kesehatan Lebaran 2015

MENYAMBUT Iedul Fitri 1436 Hijriyah, Dinkes Pandeglang menyiagakan 45 pos kesehatan untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan arus balik lebaran mulai H-7 sampai dengan H+7 atau tanggal 10 hingga 24 Juli 2015.
45 Poskes tersebut terdiri dari 36 Puskesmas yang disiagakan sebagai Poskes utama, 8 Posko kesehatan tambahan yakni  di seputar Alun-alun Kota Pandeglang, Terminal Kadubanen, Pertigaan Mengger, Pustu Babakan Lor Cikedal, Terminal Tarogong, Pustu Banjarwangi Pulosari, Lipo Carita dan Posko Kendali utama di Kantor Dinkes Pandeglang. Sedangkan Pos kesehatan rujukan akan dipusatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Berkah.
Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan mengungkapkan, meskipun tidak semua Puskesmas harus jaga 24 jam selama arus mudik dan cuti lebaran, tetapi jika  darurat dan sewaktu-waktu dibutuhkan Puskesmas harus siap untuk melayani pemudik dan warga sekitar yang membutuhkan pengobatan.
“Pelayanan Pos Kesehatan ditujukan tidak hanya bagi pemudik dan pengemudi kendaraan, melainkan juga diperuntukan bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan pertolongan kesehatan,” ungkap Deden, kemarin.
Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi menambahkan, penempatan poskes merupakan bagian dari kesiapsiagaan Dinkes bersama unsur TNI/Polri, Dishubkominfo, PMI maupun elemen masyarakat lainnya yang tergabung dalam tim pengamanan arus mudik dan lebaran tahun 2015.
“Setiap pos kesehatan akan dilayani oleh petugas medis/paramedis yang dilengkapi dengan logistik dan perbekalan kesehatan berupa sebuah tandu, obat-obatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), obat-obatan dasar, tensimeter, stetoskop serta sebuah tabung oksigen dan 1 unit ambulan,” terang Didi.
Dijelaskan, sebanyak 16 Puskesmas yakni Puskesmas , Cikole, Pandeglang, Majasari, Banjar, Bangkonol Cipeucang, Mekarjaya, Pulosari, Sindangresmi, Cikeusik, Sukaresmi, Cibitung, Cikedal, Pagelaran, Angsana dan Puskesmas Patia sudah di instruksikan untuk siaga melayani masyarakat dengan membuat daftar piket 24 jam. 
Sementara untuk 20 Puskesmas lainnya yang terletak dijalur utama arus mudik yakni Puskesmas Cadasari, Karangtanjung, Kaduhejo, Cimanuk, Mandalawangi, Munjul, Cigeulis, Cibaliung, Cimanggu, Sumur Cisata, Jiput, , Saketi, Bojong, Picung, Menes, Labuan, Carita, Panimbang, dan Sobang, sudah diinstruksikan untuk difungsikan sebagai Posko Kesehatan 24 jam dan wajib jaga selama 24 jam.

Didi mengungkapkan, sebagai bentuk kesiapan jajaran kesehatan dalam pelayanan kesehatan  arus  mudik dan arus balik lebaran, Dinkes telah menggelar pertemuan khusus dengan seluruh Kepala Puskesmas dan Direksi RSUD Berkah pada Jum’at (3/7/2015) akhir pekan kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar