5 Jul 2015

Aksi Promkes Mewujudkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

SEKSI Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang menggelar berbagai aksi menyambut peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) atau (World No Tobacco Day) 31 Mei 2015 diantaranya dengan Talk Show di Radio, Memasang Spanduk, Poster dan Baliho anti rokok, hingga sosilisasi dan advokasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dilingkungan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.
Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Rita Kusmawati mengatakan, aksi menyambut HTTS tersebut dilaksanakan di 10 titik yaitu di lingkungan Kantor Dinkes Pandeglang, Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) Kecamatan Cadasari, Cimanuk, Saketi, Menes, Labuan, Panimbang, Cibaliung, Munjul, dan Puskesmas Sumur.
“Aksi ini untuk menurunkan jumlah perokok aktif, meningkatkan wawasan tentang bahaya rokok dan menurunkan angka kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan perilaku rokok,” katanya, akhir pekan kemarin.
Dia menargetkan, dalam bulan Mei 2015 ini Sembilan Puskesmas yang menjadi garapan dirinya dalam aksi mewujudkan KTR dapat terwujud dengan regulasi kebijakan yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pandeglang. “Kita sudah buat surat edaran untuk 9 Puskesmas terpilih dengan tempat perawatan (DTP) semuanya sudah harus bebas asap rokok mulai 1 Juni 2015,” terangnya.
Rita mengungkapkan, KTR penting, bukan saja bagi siperokok, namun lebih dari itu KTR sangat penting untuk kesehatan masyarakat atau menyelamatkan orang yang tidak merokok. “KTR bertujuan untuk merubah letak perokok bukan menghalangi orang merokok,” terangnya.
Dia menyatakan, kondisi saat ini Indonesia masuk kategori darurat konsumsi rokok. “Lihat saja iklan, promosi dan sponsor rokok secara sistematis, masif dan terus menerus mengkondisikan orang untuk menjadi perokok,” ujarnya. Oleh karena itu, lanjut Rita perlu dilakukan langkah-langkah pengamanan rokok bagi kesehatan, diantaranya melalui penetapan KTR. “Terlebih petugas kesehatan harus menjadi pelopor hidup bersih dan sehat di fasilitas kesehatan,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar