12 Jul 2015

Program UKS Cetak Generasi Sehat Berkualitas

PROGRAM Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangat penting bagi pembinaan kesehatan anak usia sekolah. Melalui UKS diharapkan akan tumbuh sumberdaya manusia (SDM) calon generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas yakni  generasi yang sehat fisik mental dan sosial serta mempunyai produktivitas yang optimal.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang Sumberdaya dan Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes saat memberikan pembekalan acara sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi guru UKS se Kecamatan Angsana yang digelar di SDN Cikayas 1, Sabtu (11/7/2015)
Kodiat mengungkapkan, untuk mewujudkan SDM yang sehat dan berkualitas diperlukan upaya-upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara terus menerus yang dimulai sejak dalam kandungan, balita, usia sekolah sampai dengan usia lanjut.
“Oleh sebab itu upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik (usia sekolah) merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,”katanya.
Dijelaskan, kualitas SDM antara lain sangat ditentukan oleh dua faktor yang satu sama lain saling berkaitan dan bergantung yaitu pendidikan dan kesehatan, dimana kesehatan menjadi syarat utama agar upaya pendidikan dapat berhasil, sementara pendidikan yang diperoleh dapat mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan seseorang.
“Siswa sebagai calon generasi penerus harus dikawal dari berbagai aspek termasuk masalah kesehatannya melalui wadah  kegiatan UKS,” ungkapnya.
Kepala Puskesmas Angsana H. Agus Surya, SKM dalam pemaparannya tentang PHBS di sekolah memaparkan, guru UKS dituntut untuk melaksanakan program UKS disetiap sekolah untuk mendukung mutu pendidikan. “Tujuan program UKS itu untuk menanamkan nilai-nilai PHBS dan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, sehingga peserta didik menjadi sehat dan prestasi belajar  siswa juga akan lebih baik ,” paparnya.
Dia mengatakan, karena pentingnya UKS tersebut pihaknya akan berupaya maksimal melaksanakan program UKS disemua sekolah di wilayah kerjanya.
Ketua PGRI Kecamatan Angsana Tb. Junaedi mengapresiasi upaya Dinkes Pandegang melakukan sosialisasi PHBS di sekolah yang merupakaan bagian dari program UKS. “PHBS penting diterapkan di sekolah bukan hanya bagi siswa tetapi oleh para guru-guru,” kata Junaedi yang juga Kepala Sekolah SDN Cikayas 1 ini.
Diakui masih ada kendala pelaksanaan UKS di sekolah diantaranya PHBS belum mencapai tingkat yang diharapkan, diantaranya masih adanya berbagai masalah kesehatan anak usia sekolah, masalah sumber daya manusia guru UKS hingga terbatasnya sarana prasarana UKS.

“UKS harus menjadi tanggung jawab bersama, saya berharap program ini ke depan semakin baik melalui pembinaan UKS bagi guru maupun siswa,sehingga Angsana mampu berprestasi dalam setiap lomba UKS,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar