13 Jul 2015

Tetap Beraktivitas Fisik Di Bulan Puasa

BERPUASA bukan berarti harus meninggalkan aktivitas fisik. Hal itu karena aktivitas fisik menjadi kunci seseorang agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.
Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan dan Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. H. Kodiat Juarsa mengatakan, puasa bukan jadi jadi halangan untuk meninggalkan aktivitas fisik. “Tetapi setidaknya kita juga harus mengukur kemampuan tubuh agar puasa juga tidak batal, karena kehausan,” katanya.
Dia mengungkapkan, jenis aktivitas fisik di bulan puasa yang tergolong kegiatan sehari-hari yakni berjalan kaki, berkebun, mencuci baju, mencuci mobil, mengepel lantai, hingga naik turun tangga.
 “Aktivitas fisik sebaiknya dilakukan teratur minimal 30 menit setiap hari. Jika dilakukan teratur Insya Allah akan terasa manfaatnya,” kata Kodiat, belum lama ini.

Menurutnya, aktivitas fisik sangat bermanfaat diantaranya menghindarkan dari beragam jenis penyakit tidak menular, berat badan terkendali, otot lebih lentur dan tulang lebih kuat hingga tubuh kita pun terus bugar dan bertenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar