14 Jul 2015

Puskesmas Cibaliung Gencarkan Sosialisasi PHBS

KEPALA Puskesmas Cibaliung Mohamad Amsor mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) di bulan Ramadan. Terlebih, kata dia akhir-akhir ini cuaca tidak menentu dan semakin meningkatkan perkembangan penyakit Demam Berdarah (DB) di Kec matan Cibaliung.
“Untuk menghindari terjangkitnya berbagai penyakit akibat cuaca yang tidak menentu beberapa minggu terakhir, masyarakat juga diminta tetap dan selalu menerapkan dan menjaga PHBS,” kata Amsor saat menyampaikan sosialisasi PHBS kepada warga Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung, Sabtu (11/7/2015)
Hadir dalam sosialisasi tersebut selaku nara sumber Kabid Sumberdaya dan promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. Kodiat Juarsa
Amsor mengungkapkan, dengan kondisi cuaca yang sudah memasuki musim kemarau, tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakat, ditambah dalam kondisi sedang berpuasa. “Selain antisipasi meningkatnya kasus DB, biasanya penyakit akan dating karena daya tahan tubuh lemah akan mudah terserang demam, diare, influenza, dan ISPA,” jelasnya.
Kapala Bidang Sumberdaya dan Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. Kodiat Juarsa menyatakan, untuk mengantisipasi berbagai ancaman penyakit di masyarakat, pihaknya mengaku sudah menginstruksikan setiap Puskesmas agar secara cepat merespon segala kemungkinan gangguan kesehatan yang terjadi di tengah masyarakat.
“Kita sudah perintahkan puskesmas untuk pro aktif melakukan sosialisasi hidup bersih dan sehat kepada masyarakat dan sekolah-sekolah agar warga secara mandiri bisa mempertahankan hidup sehat,” jelasnya.

Dalam menjalankan PHBS tersebut, ungkap Kodiat, sebenarnya tidak terlalu sulit diantaranya dengan menerapkan pola makan teratur, menjaga kebersihan, baik badan, makanan, dan lingkungan, serta memanfaatkan istirahat yang cukup. “Dengan demikian, walaupun sedang berpuasa, masyarakat Insya Allah akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan akibat kondisi cuaca yang tidak menentu ini,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar