23 Jul 2015

Katarak Bisa Disembuhkan

KATARAK atau gangguan penglihatan akibat kekerutan pada lensa mata masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten Pandeglang. Tingginya angka kesakitan penyakit yang berhubungan dengan indra penglihatan ini, membuat jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas setiap tahun mengagendakan operasi katarak massal. Tahun ini, Dinkes Pandeglang bekerja sama dengan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek Jawa Barat dan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami), menggelar bakti sosial operasi katarak gratis terhadap 129 pasien yang dipusatkan di Puskesmas Cibaliung dan Puskesmas Carita .
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Umum (Yankesum) Dinkes Pandeglang Hj. Yeni Herlina mengatakan, setiap tahun pihaknya menjaring kurang lebih 200 warga tidak mampu yang menderita katarak. “Proses operasi terutama dilakukan terhadap penderita katarak yang sudah Mature (matang red). Jadi sebelum operasi pengidap katarak akan diperiksa terlebih dahulu,” ujar Yeni Herlina, Selasa (16/6/2015) kemarin.
Yeni menjelaskan, seiring dengan bertambahnya usia, banyak penurunan yang dialami tubuh manusia. “Salah satu gangguan yang akan menimpa setiap orang seiring bertambahnya usia adalah berkurangnya penglihatan akibat katarak,” jelas Yeni.
Diungkapkan, sebagai solusinya operasi katarak perlu dilakukan.”Karena jika tidak, gangguan lensa mata yang terjadi tepat dibagian pupil mata ini dapat mengakibatkan kebutaan,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar