5 Mar 2016

Pemkab Pandeglang Komitmen Sukseskan PIN Polio 8-15 Maret 2016

PEMKAB Pandeglang berkomitmen untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2016 dengan  target seluruh anak dibawah lima tahun (balita) di Kabupaten Pandeglang mendapatkan tetes vaksin Polio.
Menurut Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, Dinas Kesehatan (dinkes) Pandeglang telah melakukan berbagai persiapan dalam pelaksaan PIN Polio ini diantaranya dengan mengidentifikasi data terkait pelaksanaan PIN tersebut yaitu jumlah sasaran Balita 148.398 (anak umur 0-59 bulan), jumlah Pos PIN 1.796 pos, jumlah kader kesehatan yang terlibat sebanyak 7.417 orang di tambah dengan unsur masyarakat serta mengerahkan 1,017 petugas medis dan paramedic sebagai vaccinator (penetes vaksin polio red).
Hal itu disampaikan Bupati Erwan saat membuka sosialisasi dan advokasi PIN Polio tingkat Kabupaten Pandeglang yang digelar di Sofyan Inn Altama, Pandeglang, Kamis (3/3/2016).
Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Pandeglang Hj. Siti Erna Erwan, Sekda Pandeglang H. Aah Wahid Maulany, para Assisten daerah, para kepala SKPD dan pejabat di Lingkungan Pemkab Pandeglang serta 36 pengelola Imunisasi Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.
Bupati menegaskan pentingnya PIN Polio tahun ini karena merupakan langkah strategis dan fundamental, dalam mempersiapkan generasi Bangsa yang sehat dan terlindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) salah satunya adalah penyakit Polio. “Oleh karena itu pada pertemuan ini saya ingin mengajak kita semua yang hadir untuk membangun komitmen dalam mensukseskan pelaksanaan PIN Polio agar Kabupaten Pandeglang bebas penyakit polio,” katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Hj. Indah Dinarsiani mengatakan pihaknya mentargetkan sasaran imunisasi terhadap 148.398 anak di bawah usia lima tahun (0-59 bulan) dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016.
Seluruh sasaran PIN Polio termasuk bayi yang baru lahir dan pendatang diharapkan tidak terlewatkan untuk mendapatkan dua tetes vaksin polio saat pelaksanaan PIN Polio yang dilaksanakan serentak selama sepekan pada 8 - 15 Maret 2016 mendatang. “Imunisasi polio ini dapat diperoleh di Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas pembantu, Rumah Sakit, klinik swasta, pos PIN serta fasilitas pelayanan kesehatan lainnya,”ungkap Indah.
Dikatakan Indah, saat ini, jajaran petugas Puskesmas terus melakukan pemantapan persiapan menghadapi PIN Polio yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia itu, diantaranya melakukan penyuluhan dan sosialisasi PIN Polio oleh Puskesmas baik di Kecamatan maupun tingkat desa.
“PIN Polio ini harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan tersebut mencakup koordinasi pelaksanaan kegiatan PIN, lintas program dan lintas sektor, penyebarluasan informasi sampai kepada mobilisasi sasaran pada hari H. Kesuksesan PIN Polio tahun 2016 merupakan tanggung jawab bersama,” katanya.
Dia menjelaskan, secara teknis pelaksanaan PIN Polio sudah siap baik logistik maupun sumberdaya kesehatan yang tersebar di 36 Puskesmas dan jaringannya.
“Kami sudah menyiapkan sebanyak 1.796  pos PIN yang akan dilakukan oleh 1.017 tenaga kesehatan dibantu 7.417 kader kesehatan untuk menyukseskan PIN Polio,” ungkapnya.
Indah Optimistis dengan kerja keras petugas kesehatan di lapangan dan dukungan semua pihak target pencapaian PIN Polio setidaknya terealisasi lebih dari 95 persen.

1 komentar:

  1. Best Slot Machines For Android and iOS - DrmCD
    Find the best slot 충청남도 출장안마 machines for Android and iOS users! 여주 출장마사지 a casino's free 서귀포 출장샵 online slots game where players can enjoy free 논산 출장안마 spins games online. 고양 출장마사지

    BalasHapus