25 Nov 2011

Rangkaian Peringatan HKN ke-47 Tahun 2011


Tantangan Bersama Menuju Masyarakat Sehat Mandiri Melalui Pelayanan Prima
MOMENTUM peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2011 diharapkan bisa meningkatkan nuansa kebersamaan antar institusi kesehatan, lintas sektor pemerintah daerah maupun swasta dalam mengisi pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang. Pasalnya, HKN tahun ini bertepatan dengan dimulainya penerapan program kegiatan Pembangunan Kesehatan yang berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Dinkes Pandeglang 2011-2016.
Oleh karena itu, Kadinkes Pandeglang H. Iskandar mengajak seluruh jajaran kesehatan menjadikan peringatan HKN yang setiap tahun jatuh pada 12 November  sebagai  tantangan bersama  mewujudkan lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat  dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Kesehatan  Kabupaten Pandeglang 2011-2016 menuju Masyarakat Sehat Mandiri Melalui Pelayanan Prima.
“Masyarakat sehat mandiri diartikan sebagai pelayanan kesehatan bersifat dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri,” jelasnya.
Sedangkan keberadaan Dinas Kesehatan lanjut Iskandar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya mengacu pada Renstra yang telah disusun terus menjaga komitmen dalam memberikan pelayanan prima yang berarti  harus bermutu, efisien, cepat, transparan, mudah diakses, murah, ramah dan berkepastian hukum.
Dia menuturkan, pelayanan prima yang diberikan, dilaksanakan untuk semua jenis pelayanan kesehatan seperti pelayanan kesehatan perorangan, pelayanan kesehatan masyarakat termasuk pelayanan kesehatan kegawat daruratan.
“Untuk mewujudkan masyarakat sehat mandiri seluruh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan pemerintah maupun sarana pelayanan kesehatan swasta harus bersatu dalam memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat,” tuturnya.
Bupati Erwan Ajak Masyarakat Pandeglang “Cinta Sehat”
MEMPERINGATI Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-47, Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi mengajak warga Pandeglang untuk semakin mencintai kesehatan. Menurut Bupati Erwan, Cinta Sehat masyarakat bisa diwujudkan melalui tindakan nyata dengan melakukan gerakan hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan agar tetap sehat serta memanfaatkan fasilitas kesehatan agar tetap sehat.
Ajakan tersebut diungkapkan Bupati Pandeglang saat memberikan sambutan pada Upacara Memperingati  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-47 tingkat Kabupaten Pandeglang, di Alun-alun Kota Pandeglang, Kamis (10/11).
Hari Kesehatan Nasional yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Pandeglang ini diikuti Wakil Bupati Pandeglang Hj. Heryani, unsur Muspida, Pimpinan dan Anggota DPRD, Veteran serta ratusan peserta Upacara dari berbagai kalangan.
Sementara dari jajaran kesehatan hadir seluruh pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Kepala Puskesmas dan staf se Kabupaten Pandeglang dan Direktur RSUD Berkah serta para undangan.
Pada bagian lain sambutannya Erwan menegaskan bahwa sesungguhnya ber-perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan keharusan yang wajib dilakukan setiap orang.
“Dalam peringatan HKN ke-47 ini diharapkan menjadi tonggak peringatan akan pentingnya kesehatan agar masyarakat makin mencintai kesehatan dan terwujud kemandirian dalam memelihara kesehatan sesuai amanat Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, yang menyatakan bahwa setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya,” kata Erwan.
Usai Upacara HKN pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah melanjutkan dengan membuka secara resmi rangkaian kegiatan Pekan Olah Raga HKN tingkat Kabupaten Pandeglang. Sejumlah cabang olah raga pun dipertandingkan seperti Bola Volly dan Futsal yang melibatkan pegawai Dinkes, Puskesmas serta Rumah Sakit.
Nuriah mengatakan, event olah raga memperingati HKN yang setiap tahun jatuh pada 12 November merupakan rangkaian kegiatan rutin setiap tahun. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memupuk kebersamaan antar tenaga kesehatan (Nakes) di setiap jenjang Pelayanan Kesehatan mulai tingkat desa (Bidan desa), kecamatan (Puskesmas) hingga pegawai rumah sakit.
Dijelaskan, kegiatan Pekan Olah Raga HKN digelar mulai 10 November dan puncak kegiatannya dimeriahkan dengan melibatkan keikutsertaan masyarakat dalam Gerak Jalan Sehat  yang dipusatkan di seputar Alun-alun Kota Pandeglang pada Selasa (15/11).
“Momentum Hari Kesehatan Nasional harus menjadi perekat bagi seluruh tenaga kesehatan untuk bersatu, bersama-sama memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Nuriah, disela-sela membuka acara Pekan Olah Raga HKN ke-47 tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2011, di Lapangan Volly Ball Alun-alun Kota Pandeglang, Kamis (10/11) pada sekitar pukul 10.00 Wib siang.
Ditambahkan, HKN ke-47 tahun 2011 secara nasional mengusung tema “Indonesia Cinta Sehat”. Sedangkan ditingkat kabupaten, Dinkes Pandeglang mengusung sub tema menuju “Masyarakat Sehat Mandiri melalui Pelayanan Prima” yang merupakan visi Pembangunan Kesehatan Kabupaten Pandeglang 2011-2016.
RSUD Berkah Juara Turnamen Olah Raga
Tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang merebut juara pertama untuk cabang olahraga (Cabor) Volly Ball Putri pada event Pekan Olah Raga Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-47 tahun 2011 tingkat Kabupaten Pandeglang.
Di final tim RSUD Berkah berhasil mengalahkan tim volly ball Puskesmas Majasari dengan skor 3-0 yang berlangsung di Lapangan Volly Ball Alun-alun Timur Kota Pandeglang, Sabtu (12/11) akhir pekan kemarin.
Babak pertama final volly ball putri, tim RSUD Berkah unggul atas tim Puskesmas Majasari dengan kemenangan 25-7. Memasuki babak kedua tim Puskesmas Majasari sempat bangkit, namun keunggulan masih berpihak pada tim RSUD berkah dengan kemenangan 25-9. Sementara pada babak ketiga, Puskesmas Majasari sempat unggul diawal pertandingan, tapi perjuangannya kandas dan kembali harus mengakui kekuatan tim RSUD  yang dengan susah payah akhirnya menutup pertandingan final dengan angka 25-16.
Sebelum masuk final, sebelumnya disemifinal Tim Volly Ball RSUD Berkah mengalahkan Puskesmas Pagadungan dengan skor 25-11 dan 25-12 (2-0). Sementara Tim Puskesmas Majasari disemifinal menaklukan tim Puskesmas Cipeucang dengan Skor ketat 25-20 dan 25-21 (2-0).
Menurut Koordinator Bidang Olah Raga HKN Kabupaten Pandeglang Rd. Dede Suryanata Permana, dengan kemenangan ini RSUD berhak menyandang juara Volly Ball Putri HKN tahun 2011, peringkat dua diraih Puskesmas Majasari, serta juara tiga diraih Puskesmas Cipeucang dan Pagadungan (Juara bersama red).
“Trofi Piala untuk masing-masing juara 1 s/d 3 akan diberikan saat puncak acara HKN ke-47 tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada Selasa (15/11) di Tribun Barat Alun-alun Kota Pandeglang,” katanya.
Juara Futsal
Sementara itu, pada pertandingan lainnya Tim RSUD Berkah juga berhasil merebut juara pertama untuk Cabor Futsal Putra. Di final tim RSUD Berkah mengkandaskan tim Futsal Puskesmas Kadomas dengan skor akhir 5-4 yang digelar di Gedung Gold Futsal Kaduhejo pada Jum’at (11/11).
Pada pertandingan sebelumnya, di semifinal RSUD Berkah mengalahkan Puskesmas Mandalawangi (10-5), Sedangkan Puskesmas Kadomas mengungguli Puskesmas Mekarjaya (7-4). Dengan demikian, kata Rd. Dede Suryanata Permana tim futsal Puskesmas Mandalawangi dan Mekarjaya menjadi juara bersama peringkat tiga pertandingan Futsal HKN tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2011
Sehat Memang Bukan Segalanya
HARI Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tahun pada 12 November merupakan peristiwa yang istimewa bagi pegawai di lingkungan kesehatan. Teristimewa sebab hari itulah menjadi ritual tahunan untuk terus memperbaharui semangat dan menjaga komitmen jajaran kesehatan dalam upaya mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya.
Namun harus diakui, semangat dan komitmen jajaran kesehatan belum cukup tanpa kepedulian dan gerakan nyata masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Oleh karenanya,  menurut Sekretaris Panitia HKN Dinkes Pandeglang Ade Setiawan, momentum HKN juga harus menjadi bagian penting bagi masyarakat luas sebagai tonggak peringatan akan arti pentingnya kesehatan, terutama ketika dalam kondisi sakit.
“Makanya tepat kalau ada ungkapan, Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya,” kata Ade Setiawan yang juga Wakil Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Pandeglang, kemarin.
Ditambahkan Ade, selain soal perilaku yang menjadi faktor dominan untuk menjaga hidup tetap sehat, pengaruh kesehatan lingkungan juga mempunyai pengaruh besar terhadap derajat kesehatan masyarakat, disamping ketersediaan dan keterjangkauan fasilitas pelayanan kesehatan.
HKN Dimeriahkan Jalan Sehat
Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 47 tahun 2011, Panitia HKN Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan kegiatan Gerak Jalan Sehat.
Jalan sehat massal dilaksanakan dengan mengelilingi seputar Pandeglang pada Selasa (15/11) mulai pukul 07.30 Wib. hingga berakhir di pusat Alun-alun Kota Pandeglang.
Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dan Wakil Bupati Hj. Heryani serta Pejabat Teras Pemkab Pandeglang direncanakan bakal ikutan. Bupati Erwan juga dijadwalkan akan melepas ratusan hingga seribu lebih peserta Gerak Jalan Sehat yang diantaranya berasal dari seluruh Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Pandeglang, para pelajar serta masyarakat umum yang dipusatkan di Alun-alun Barat Kota Pandeglang tepat pukul 08.00 Wib.
Ketua Panitia HKN ke-47 Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Marlan Alan Subagya didampingi sekretaris HKN Ade Setiawan mengatakan Gerak Jalan Sehat Hari Kesehatan Nasional tahun 2011 merupakan puncak acara olah raga memperingati HKN di Kabupaten Pandeglang. Karenanya, diharapkan, seluruh jajaran kesehatan di lingkungan Pemkab Pandeglang bisa ikut serta memeriahkan, namun tetap dengan tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.
“Kegiatan olah raga lainnya yaitu pertandingan volly ball dan futsal pada tanggal 10 s/d 14 November 2011 yang melibatkan pegawai jajaran instansi kesehatan seperti puskesmas maupun rumah sakit,” kata Marlan.
Sementara pada Gerak Jalan Sehat kali ini, ungkap Ade adalah serangkaian kegiatan yang tergabung dalam Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Pemkab Pandeglang yakni dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-40 tahun 2011 dan Hari Aids Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2011.
Oleh karena itu, Ade optimistis Gerak Jalan Sehat dapat terselenggara secara lebih meriah diikuti banyak peserta, karena disamping diikuti seluruh jajaran kesehatan se Pandeglang, melibatkan juga seluruh SKPD, para pelajar dan masyarakat umum. Selain itu, tambah Ade usai gerak jalan sehat dilanjutkan acara hiburan serta disediakan doorprize.
Puncak HKN Tingkat Kabupaten Pandeglang, Selasa (15/11)
Selasa (15/11) jajaran kesehatan Kabupaten Pandeglang menggelar Puncak Peringatan HKN ke-47 tingkat Kabupaten Pandeglang.
Diharapkan seluruh Undangan bakal hadir sebanyak 500 orang terdiri seluruh pegawai Puskesmas se-Kabupaten Pandeglang, Pegawai RSUD,  dan PT. Askes serta Pegawai Dinkes Pandeglang
Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah, SKM, MSi mengatakan Puncak acara HKN diawali dengan pemotongan tumpeng “Cinta Sehat”. Direncanakan Panitia menyiapkan sebanyak 47 buah tumpeng dari Puskesmas, dinas kesehatan, rumah sakit dan PT. Askes.
“Insya Allah Bupati Pandeglang akan memberikan sambutan/wejangan bagi seluruh Jajaran Kesehatan pada puncak acara HKN,” katanya.
Dalam puncak HKN kata Nuriah akan diberikan tropi/piala bagi pemenang pertandingan olah raga. Selain itu Dinkes juga akan memberikan penganugerahan Piagam Penghargaan bagi organisasi kemasyarakatan/tokoh masyarakat, kader dan pelajar yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang
“Kita juga menggelar Resepsi/hiburan dan pentas seni memeriahkan HKN bagi seluruh jajaran HKN Pandeglang,” pungkasnya.
Repleksi Hari Kesehatan Nasional N
MOMENTUM HKN hendaknya menjadi repleksi bagi seluruh jajaran kesehatan seberapa jauh pelayanan kesehatan sudah diberikan kepada masyarakat. Sejumlah Kepala Puskesmas memberikan pernyataannya bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN), pada Sabtu (12/11) akhir pekan kemarin diantaranya sebagai berikut :
Kepala Puskesmas Labuan, Dr. Marfuah Nur’aini “Peningkatan pelayanan di Puskemsas Labuan diantaranya persalinan oleh tenaga kesehatan melalui Program Jampersal (Jaminan persalinan)”
Hj. Umbiyati, SKM Kepala Pukesmas Bangkonol : “Terus tingkatkan upaya kesehatan ibu dan anak khususnya persalinan oleh nakes, sudah mencapai 75 persen di Puskesmas Bangkonol dan telah dicapainya imunisasi dasar (UCI) walaupun belum seluruh desa tercapai 100 persen,”
H. Ajat, SKM. Kepala Puskesmas Carita : “Saat ini UGD sudah dioptimalkan dengan pelayanan persalinan 24 jam, Puskesmas Carita sedang berupaya menyesuaikan dengan standar Puskesmas Pariwisata sesuai kondisi di wilayah kerja dengan Motto “RESCUE”
“Masyarakat yang sehat mandiri berkeadilan adalah mimpi kami dimana kami harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat tanpa pilih kasih,” kata Ajat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar