18 Jan 2012

Dinkes Siagakan Puluhan Posko Kesehatan


PUNCAK musim penghujan dan banjir diperkirakan akan menimbulkan kerawanan masalah kesehatan. Penyakit biasanya akan lebih banyak setelah banjir (pasca banjir).

Karena itulah Dinkes Pandeglang menyiagakan puluhan Posko Kesehatan di semua Puskesmas yang berpotensi banjir diantaranya Puskesmas Pagelaran, Patia, Perdana, Sobang, Angsana dan Panimbang serta Picung, Munjul dan Cikeusik

Selain itu Posko kesehatan juga disiagakan disejumlah titik rawan banjir seperti Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) maupun lokasi warga yang terdapat pengungsi seperti Masjid dan Balai Desa setempat. Bahkan, dinkes telah menyiagakan seluruh sarana pelayanan kesehatan dasar swasta jika diperlukan difungsikan sebagai Posko Kesehatan Banjir.

Kadinkes Pandeglang H. Iskandar mengatakan, hasil pantauan pihaknya dibeberapa puskesmas, dilaporkan sedikitnya sembilan wilayah kecamatan digenang banjir pada akhir pekan kemarin, tapi kini sebagian besar sudah surut. Namun ancaman banjir diperkirakan masih akan terjadi, mengingat musim penghujan masih berlangsung hingga Februari mendatang.

“Mengantisipasi pasca banjir dan musim hujan yang belum selesai kemungkinan banjir susulan akan kembali terjadi. Oleh karena itu kami instruksikan puskesmas siaga 24 jam dan melaporkan setiap kejadian penyakit segera ke Dinkes Pandeglang,” kata Iskandar usai melakukan monitoring Puskesmas dan Posko kesehatan di Kecamatan Panimbang dan Sobang, Senin (16/1) kemarin.

Ditambahkan, dari laporan sementara menurut Iskandar sudah mulai ada keluhan penyakit ringan yang dialami warga. Dia juga memastikan stok obat-obatan untuk Puskesmas dan Posko Kesehatan sudah siap untuk melayani korban akibat banjir. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar