20 Jan 2012

TP PKK Salurkan Bantuan Korban Banjir


KETUA Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pandeglang Hj. Erna Erwan Kurtubi menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban banjir di Desa Bojen Kecamatan Sobang.
Bantuan diberikan kepada Camat Sobang Widodo dan langsung didistribusikan kepada warga saat berlangsung bakti sosial pengobatan gratis yang digelar di Balai Desa Bojen, Kamis (19/1).
Ketua TP PKK Pandeglang Hj. Erna Erwan Kurtubi mengatakan bantuan yang disalurkan berupa sembako, obat-obatan untuk bakti sosial dan makanan pendamping ASI.
“Sebagian bantuan itu dari donatur yang dititipkan melalui Pemkab Pandeglang untuk korban banjir di wilayah Sobang, khususnya Desa Bojen yang pernah terendam banjir cukup parah,” katanya.
Menurut dia, bantuan diberikan diantaranya dari Dinkes Pandeglang, organisasi profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pandeglang dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Banten serta PT. Cibaliung Sumberdaya.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang mengatakan, warga Bojen antusias mendatangi Posko Kesehatan di Balai Desa Bojen untuk mendapat pelayanan kesehatan gratis. “Sekitar seribu lebih warga yang datang. Banyak warga yang flu, gatal-gatal dan diare serta batuk-batuk akibat cuaca ekstrim selama musim hujan,” katanya.
Untuk melayani ribuan warga yang datang, menurut Iskandar, Puskesmas Sobang dibantu dari anggota IDI Pandeglang dan anggota PPNI. Sedangkan tambahan obat mendapat bantuan dari PT. CSD.  Ditambahkan, selain Kecamtan Sobang, pihaknya melalui puskesmas setempat serempak melakukan bakti sosial pengobatan gratis di Kecamatan lainnya yang terkena dampak banjir yakni Panimbang dan Munjul.
Pengurus IDI Pandeglang Dr. H. Furqon HT. mengatakan, pihaknya memberikan bantuan berupa sembako sebanyak 132 paket berisi mei instan, kecap, beras minyak dan kebutuhan MCK untuk warga setempat. “Saat ini kami masih menginventarisasi bantuan dalam bentuk lain yang paling dibutuhkan warga korban banjir,” katanya.
Ketua PPNI Banten Asep Sopari didampingi Ketua PPNI Pandeglang Didi Mulyadi mengatakan, PPNI
memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp.2.000.000, bagi korban banjir. Menurutnya, walaupun tidak besar diharapkan partisipasi tersebut bisa membantu warga Desa Bojen yang sedang kesulitan karena musibah banjir ini.
Sementara itu, Kepala Puskesmas Sobang Endang Mulyadi melaporkan, hingga pukul 16.30 tercatat sebanyak 1594 warga Desa bojen yang telah mendapat pengobatan. “Umumnya warga yang sakit para orang tua dan anak-anak,” katanya. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar