25 Jan 2012

Gerakan Sadar Gizi Seribu Hari Pertama Kehidupan Anak


PERIODE umur anak dibawah dua tahun dikenal dengan ‘periode emas’. Periode dimana pertumbuhan otak anak sedang tumbuh dan berkembang secara optimal menuju kesempurnaan. Oleh Karena itu penting bagi setiap anak diberikan asupan makanan yang cukup dan gizi seimbang untuk kecerdasan anak.
Ketua Persatuan Gizi (Persagi) Pandeglang Dida Aryadita mengatakan perlunya semua pihak menyadarkan masyarakat akan pentingnya penerapan gizi, terutaman pada 1000 hari pertama kehidupan anak.
“Maksud dari 1000 hari dihitung mulai dari anak masih dalam kandungan (280 hari) sampai anak berusia dua tahun (720 hari),” ujar Dida terkait Hari Gizi Nasional (HGN) tingkat Kabupaten Pandeglang, Rabu (25/1).
Dia menjelaskan, secara nasional hari gizi diperingati setiap 25 Januari dan tahun ini mengangkat tema gerakan gizi 1000 hari menuju Indonesia prima. “Sudah seharusnya hari gizi menjadi momentum untuk memikirkan persoalan gizi anak yang masih menjadi tantangan masyarakat Pandeglang,” jelasnya.
Dida yang juga Kasi Gizi Dinkes Pandeglang mengungkapkan, kondisi status gizi anak balita di Pandeglang harus memperoleh perhatian lebih. “Terutama karena tingginya angka gizi buruk yang ada mencapai 1.127 balita dan sebanyak 6.966 balita lainnya masih kekurangan gizi atau dibawah garis merah (BGM) pada kartu menuju sehat,” ungkapnya.
Ditambahkan, memperingati hari gizi pihaknya mempersiapkan berbagai event untuk menggugah kesadaran masyarakat diantaranya konsultasi gizi, pameran pangan lokal, talkshow serta pencanangan Gerakan Sadar Gizi oleh Bupati Pandeglang, senam massal plus extra food. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar