12 Jan 2012

Sekda Minta SKPD Terapkan Protap Pengamanan Maksimal Gedung Kantor Milik Pemerintah


Drs. H. Dodo Djuanda

SEKDA Pandeglang H. Dodo Djuanda mendadak melakukan inspeksi (sidak) ke Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Rabu (4/1) kemarin. Dia mendatangi kantor dinkes sekitar pukul 10.00 Wib.  

Disambut ramah sejumlah pegawai dinkes, H. Dodo Djuanda kemudian melakukan pembicaraan serius dengan Kadinkes Pandeglang H. Iskandar. 

Rupanya sidak (kunjungan kerja red) diawal tahun baru 2012 ini terkait musibah yang sedang dialami dinkes yakni dibobolnya brankas keuangan yang mengakibatkan ratusan juta uang tunai gaji pegawai lenyap. Diduga pelakunya sekawanan perampok yang beraksi pada Rabu dini hari saat itu.

Kepada sejumlah Wartawan, dia menyatakan prihatin atas peristiwa itu dan menegaskan, setiap pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bertanggung jawab untuk melakukan upaya pengamanan atas aset dan barang maupun keuangan daerah dalam lingkup kewenangan kepala satuan kerja masing-masing.

Dia juga meminta perhatian seluruh SKPD di lingkungan Setda Pandeglang untuk menerapkan prosedur tetap (protap) secara maksimal dalam rangka pengamanan gedung kantor beserta isinya, sehingga kasus serupa yang dialami dinkes dan kejadian buruk lainnya yang tidak diinginkan dapat dihindarkan.

H. Dodo Djuanda yang baru dilantik sebagai Sekda definitif pada Jum’at (30/12) akhir tahun 2011 itu berharap, semua gedung kantor pemerintah memiliki penjagaan oleh pegawai khusus, terlebih didalamnya ada uang yang harus diamankan. 

“Kalau perlu meminta bantuan pengamanan aparat kepolisian,” tuturnya. 

Begitupun jendela-jendela ruangan kantor yang didalamnya menyimpan aset barang serta dokumen penting menurut dia, seharusnya berteralis untuk mencegah terjadinya pencurian. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar