4 Feb 2012

Bupati Canangkan Gerakan Sadar Gizi, Minggu (5/2/2012)


KEADAAN gizi baik merupakan salah satu prasyarat membentuk sumberdaya manusia (SDM) masa depan berkualitas.

Sebaliknya anak yang mengalami masalah gizi pada usia dini akan mengalami gangguan tumbuh kembang dan meningkatkan kesakitan hingga berakibat kematian.

Karenanya, gerakan keluarga sadar gizi (Kadarzi) menjadi penting dikampanyekan terlebih masih banyak penyandang kasus kurang gizi di Pandeglang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Iskandar mengatakan dalam rangka menggerakan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, Pemkab Pandeglang akan mencanangkan gerakan Kadarzi bagi seluruh warga di alun-alun Pandeglang, Minggu (5/2).

Dijelaskan Iskandar kegiatan ini bertujuan meningkatkan sikap, pengetahuan dan perilaku, kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam mencegah dan mengatasi masalah gizi ditingkat keluarga dan masyarakat.

“Setidaknya perilaku Kadarzi yang perlu dipraktikan setiap keluarga yakni menimbang badan secara teratur, memberikan ASI eksklusif, makan beraneka ragam, menggunakan garam beryodium serta minum suplemen gizi sesuai anjuran,” jelas Iskandar, Jum’at (3/2).

Dituturkan Iskandar, pencanangan rencana akan dilakukan oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dilanjutkan dengan acara pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi, pameran pangan lokal dan talkshow tentang gizi.

Menurut Iskandar, acara ini terselenggara bekerja sama dengan persatuan gizi (Persagi) Pandeglang sekaligus rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) tingkat Kabupaten Pandeglang yang diperingati setiap 25 Januari setiap tahun. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar