20 Feb 2012

HAKLI Diminta Tingkatkan Profesionalisme


SANITARIAN dan para ahli kesehatan lingkungan Kabupaten Pandeglang diminta lebih meningkatkan profesionalisme sesuai kompetensinya. Profesionalisme ahli kesehatan lingkungan merupakan salah satu sumberdaya kesehatan yang sangat potensial dalam pembangunan kesehatan khususnya pembangunan lingkungan sehat yang berkualitas.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Iskandar saat membuka Musyarawah Cabang (Muscab) ke-IV Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Pandeglang yang digelar di Pasanggrahan Taman Wisata Alam Perhutani Pantai Carita, Pandeglang, Sabtu (18/2).
Karena itu, kata Iskandar yang juga bertindak sebagai pembina organisasi profesi kesehatan berharap HAKLI sebagai organisasi profesi perlu lebih memperkuat komitmen dan mendorong agar seluruh anggotanya bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsi lebih optimal. “Karena sebagian besar anggota HAKLI adalah pegawai di lingkungan dinas kesehatan, diharapkan bisa lebih meningkatkan cakupan sanitasi dasar untuk mempercepat kabupaten sehat,” ujarnya.
Dia juga meminta para sanitarian segera menyelesaikan aturan kepegawaian berkaitan dengan lisensi bagi sanitarian yang harus memiliki sertifikasi kompetensi sesuai keahlian yang dimiliki.
Hadir dalam Muscab yang merupakan agenda empat tahunan tersebut seluruh anggota HAKLI yang bekerja di institusi Dinas Kesehatan, Puskesmas, para ahli kesehatan lingkungan lainnya serta sejumlah ketua dan perwakilan pengurus organisasi profesi kesehatan lainnya seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Persatuan Ahli Gizi (Persagi), serta Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI) Kabupaten Pandeglang dan Ketua Forum Komunikasi Organisasi Profesi Kesehatan se Kabupaten Pandeglang. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar