13 Des 2012

HKN, Ajang Menggalang Komitmen Stakeholder Pembangunan Kesehatan


PUNCAK peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48 tingkat Kabupaten Pandeglang di halaman kantor Dinkes Pandeglang, Selasa (11/12) kemarin berlangsung hidmat. Momentum HKN seperti ini setiap tahun diselenggarakan jajaran kesehatan sebagai ajang menggalang komitmen dengan stakeholder dalam pembangunan kesehatan. Selain itu, HKN yang diperingati setiap 12 November merupakan media silaturrahim, karena di acara inilah sebagian besar pegawai kesehatan mulai bidan desa, pegawai puskesmas hingga, jajaran RSUD dan pegawai Dinkes berkumpul.
Maka tak heran jika momentum HKN yang mengusung tema “Indonesia Cinta Sehat” disambut antusias para pegawai. Berbagai rangkaian kegiatan pun digelar untuk membangun kebersamaan antar pegawai seperti pertandingan futsal, gerak jalan sehat, maupun kampanye pelayanan jaminan persalinan.
Ketua Panitia HKN Pandeglang, dr. Kodyat Juarsa mengatakan, puncak kegiatan HKN yang mengambil subtema “Ibu Selamat Anak Sehat” dikemas ala resepsi karena merupakan rangkaian kegiatan terakhir yang digelar sejak awal Nopemver 2012 lalu. “Acaranya diselenggarakan secara sederhana, cukup dengan potong tumpeng,” katanya.
Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi yang hadir memberikan sambutan berharap jajaran kesehatan memegang komitmennya untuk menyehatkan masyarakat. “Petugas kesehatan harus bersinergi dengan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan Kabupaten Pandeglang,” kata Bupati Erwan Kurtubi yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pandeglang Hj. Siti Erna Erwan.
Sementara itu, Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah menegaskan komitmen jajaran kesehatan untuk menjalin kerjasama dan kemitraan dengan stakeholder untuk membangun Pandeglang sehat secara transparan.
Dia mengatakan peringatan HKN tahun ini diharapkan bisa meningkatkan nuansa kebersamaan antar institusi kesehatan, lintas sektor pemerintah daerah maupun swasta dalam mengisi pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang.
“Kebetulan tahun ini bertepatan dengan tahun kerja dua tahun penerapan program kegiatan Pembangunan Kesehatan sesuai Rencana Strategis (Renstra) Dinkes Pandeglang dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pandeglang 2011-2016. Oleh karena itu banyak yang kita undang untuk hadir,” katanya.
Dalam peringatan HKN tahun ini yang datang terbilang lengkap. Disamping  Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dan Wakil Bupati Pandeglang Hj. Heryani turut hadir,  Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang H. Dodo Djuanda beserta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD) mengikuti puncak HKN yang dirangkaikan dengan serah terima jabatan Kadinkes Pandeglang yang lama dari H. Iskandar kepada Kadinkes baru  H. Deden Kuswan yang telah dilantik Bupati Pandeglang  beberapa waktu lalu.
Hadir juga sejumlah mitra kerja dinkes dari unsur dunia usaha, tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi kemasyarakatan dan profesi untuk menerima penghargaan atas kiprah yang telah didedikasikan untuk pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang. Semangat kebersamaan terlihat diantara wajah-wajah ceria segenap pegawai yang hadir menyaksikan saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar