28 Des 2012

Jelang Tahun Baru, Posko Kesehatan Siaga 24 Jam


SEPEKAN menjelang tahun baru 2013 Masehi, arus lalu lintas di seputaran dalam kota Kecamatan Pandeglang terpantau lancar. Namun hal tersebut tidak mengurangi kesiapsiagaan tim kesehatan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dengan menyediakan tenda Posko kesehatan di alun-alun timur Pandeglang.
Apalagi saat ini berbarengan dengan libur sekolah, dimana jalur kota Kecamatan Pandeglang banyak dilalui kendaraan luar daerah menuju lokasi obyek wisata di pesisir pantai wilayah Pandeglang selatan.
“Antisipasi adanya penumpang yang sakit atau mengalami kecelakaan, Posko kesehatan untuk menghadapi liburan sekolah dan tahun baru sudah dibentuk sejak Senin (24/12),” kata Kepala Puskesmas Cikupa Pandeglang Raden Dede Suryanata Permana, Rabu (26/12) kemarin.
Dede sapaan sehari-hari kepala puskesmas yang terletak di Perkantoran Cikupa Pandeglang itu mengungkapkan, jadwal petugas jaga beserta obat-obatan dan alat kesehatan maupun ambulan sudah disiapkan untuk pelayanan 24 jam. “Jadi mudah-mudahan masyarakat akan terlayani baik pada aspek kesehatannya,” tutur Dede.
Dijelaskan, Posko kesehatan dimaksudkan agar dapat cepat memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan melayani masalah kesehatan masyarakat setempat.  “Kalau ada kasus-kasus yang tidak bisa ditangani di Posko, kami menyiapkan layanan ambulan untuk dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya.
Rencananya, tambah Dede yang baru ditempatkan sebagai Kepala Puskesmas Cikupa tiga pekan lalu itu, tenda Posko kesehatan beserta kelengkapan sarana dan personilnya akan disiagakan hingga 3 Januari 2013 mendatang. (red)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar