25 Des 2012

Posyandu Dapat Turunkan Kematian Ibu dan Anak


GEDUNG baru Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kampung Cungkedang, Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang diresmikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan, Jum’at (21/12) akhir pekan kemarin.
Peresmian dihadiri Camat Karangtanjung Doni Hermawan beserta jajarannya,  Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan (SDK) Dinkes Pandeglang Ratu Tanti Darmiasih, Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Yudi Hermawan, para Bidan Posyandu, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, serta Kader Kesehatan dan puluhan ibu hamil, ibu menyusui maupun masyarakat setempat yang berkunjung ke Posyandu.
Dalam sambutannya, Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan atas nama Pemkab Pandeglang berharap agar masyarakat secara aktif mendukung program-program kesehatan yang ada. “Posyandu diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak,” tutur Kadinkes yang didampingi Kabid SDK Ratu Tanti Darmiasih dan Kasi Promkes Yudi Hermawan.
Hal tersebut dapat terwujud, ujar Deden apabila kader dan masyarakat setempat memanfaatkan Posyandu dan memiliki inisiatif yang tinggi dalam rangka meningkatkan kesehatannya sendiri.
Kepala Puskesmas Pagadungan Kecamatan Karangtanjung Hj. Eni Rohaniah menjelaskan, bangunan Posyandu seluas 4 X 6 meter itu dibangun melalui bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2012.
Ia berharap dengan adanya posyandu mandiri, masyarakat yang ada di Cungkedang ini kesehatannya semakin membaik serta dapat menjalin kerjasama dengan instansi terkait untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.  “Semoga bangunan Posyandu yang baru dapat berjalan lebih baik, dan para kader dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” tutur Eni. 
Ditempat yang sama, Ketua Kader Posyandu Cungkedang, Umi (45) mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pandeglang yang telah memberikan bantuan gedung Posyandu di wilayahnya.
Lebih lanjut dia mengungkapkan, sebelumnya operasional Posyandu tetap berjalan meskipun dilaksanakan di halaman salah satu rumah penduduk. “Gedung baru ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat terutama para Kader,” ungkap Umi.
Gedung Posyandu permanen yang baru diresmikan jelas Umi dilengkapi dengan sarana mandi cuci kakus (MCK) dan air bersih, terdiri dari sebuah kamar khusus pemeriksaan kesehatan ibu dan anak serta Keluarga Berencana (KB),  ruang pendaftaran dan pencatatan, meja penyuluhan dan tempat penimbangan balita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar