4 Des 2012

Ibu Hamil Diminta Manfaatkan Program Jampersal


Suasana Kampanye Jampersal di Pendopo, Pandeglang Senin (3/12/2012)
KEBERADAAN Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang diluncurkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menekan kematian ibu sejak 2011 sewajarnya mendapat dukungan penuh jajaran pemerintahan di daerah. Terlebih, program yang membebaskan biaya proses kelahiran di fasilitas kesehatan tersebut terbilang baru, karenanya Program Jampersal masih memerlukan sosialisasi yang terus menerus kepada masyarakat.
Untuk itulah, Senin (3/12) pagi empat ratusan ibu hamil (bumil) dari berbagai wilayah kecamatan di Pandeglang dikumpulkan di Pendopo Kabupaten untuk mengikuti kampanye Program Jampersal.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pandeglang H. Iskandar, mengatakan kematian ibu masih banyak diakibatkan faktor resiko tidak langsung seperti keterlambatan mengambil keputusan dan mengenali tanda bahaya, terlambat dirujuk, dan terlambat mendapat penanganan medis. Menurut Iskandar, kondisi seperti ini banyak terjadi disebabkan kendala biaya sehingga diperlukan kebijakan terobosan.
“Salah satu upaya pencegahannya adalah melakukan persalinan yang ditolong  oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan melalui Program Jampersal,” kata Iskandar kepada sejumlah wartawan, seusai mengikuti acara Kampanye Pelayanan Jampersal bagi Ibu hamil, di Pendopo Pandeglang, kemarin.
Dijelaskan, Program Jampersal gratis bagi ibu melahirkan yang tak memiliki kartu asuransi baik Askes, Jamkesmas, maupun Jamkesda.  
Adapun syarat bagi ibu yang melakukan persalinan ditanggung Jampersal menurut Iskandar, cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) ke fasilitas pelayanan kesehatan, baik di rumah sakit, Puskesmas maupun bidan praktek mandiri yang bekerja sama dengan dinas kesehatan.
“Kita berharap warga, khususnya para ibu hamil memanfaatkan program ini agar ibu sehat, InsyaAllah bayinya juga ikut sehat,” kata Iskandar yang Senin (3/12) siangnya dilantik Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kabupaten Pandeglang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar