17 Jul 2014

Empat Desa di Kecamatan Koroncong Integrasikan Pelayanan Posyandu-PAUD-BKB



SEBANYAK empat desa di wilayah Kecamatan Koroncong yakni Desa Koroncong, Pasirjaksa, Pasirkarag dan Desa Tegalalongok telah berhasil melaksanakan kegiatan Posyandu-PAUD-BKB secara terintegrasi di wilayah masing-masing.
Hal itu terungkap saat kegiatan pertemuan pengembangan model Integrasi Posyandu-PAUD-BKB yang digelar di Aula Puskesmas Bangkonol Kecamatan Koroncong, Rabu (16/7) kemarin.
Kepala Puskesmas Bangkonol dr. Cut Budiarti mengatakan, pertemuan itu diikuti 20 peserta yang terdiri dari Pengelola program kesehatan ibu / anak di puskesmas ( 1 orang ), Pengelola program promkes di puskesmas ( 1 orang ), Dinas Pendidikan Kecamatan ( 1 orang ), BP3AKB kecamatan ( 1 orang ), Kementrian Agama Kecamatan ( 1 orang ), TP PKK Kecamatan ( 2 orang ), Ketua Forum kader  posyandu kecamatan ( 1 orang ), Kader postyandu di 3 posyandu terpilih ( 6 orang ), Ketua porum kader posyandu kecamatan  ( 1 orang ), Ketua HIMPAUDI kecamatan ( 1 orang ) dan Kader BKB / PAUD ( 4 orang ).
“Tujuan kegiatan untuk membangun komitmen dalam rangka mengembangkan model integrasi Posyandu-PAUD-BKB di Kecamatan Koroncong,” ujar dr. Cut didampingi Koordinator Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas setempat, Dani Nopdyani.
Menurut Cut, pengintegrasian Posyandu-PAUD-BKB merupakan upaya pembinaan terhadap tumbuh kembang anak dengan efektif dan efisien.
“Manfaat yang lebih jauh, dengan adanya integrasi antara pelayanan kesehan dan pengembangan pendidikan usia dini dan Bina Keluarga Balita, maka komunikasi yang baik antara warga dengan instansi pembina pengelola pendidikan, kesehatan dan TP PKK akan terjalin dengan baik,” jelasnya.
Untuk mewujudkan hal ini, ujar Cut, perlu kerjasama yang baik bagi semua unsur di lintas sector kecamatan dan lingkungan warga agar pengelolaan Posyandu terintegrasi dengan Bina Keluarga Balita dan PAUD terus berkembang.” Posyandu yang terintegrasi yang dilengkapi dengan sarana PAUD dan BKB, menjadikan masyarakat lebih terdorong untuk datang ke Posyandu,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar