21 Jul 2014

Pemkab Pandeglang Siapkan 45 Posko Kesehatan Layani Pemudik Lebaran 1435 H


SETIAP tahun Pemkab Pandeglang termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang selalu melakukan kegiatan kesiapsiagaan bidang kesehatan pada fasilitas kesehatan yang ada dan menyiagakan pos-pos kesehatan di tempat yang diperlukan pada jalur angkutan lebaran serta semakin ditingkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun.
Tahun ini, Dinkes Pandeglang menyiagakan sebanyak 44 pos kesehatan dan pos kesehatan rujukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah menyambut Iedul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah.
Pos kesehatan itu terdiri dari sebuah Posko Kendali yang dipusatkan di Klinik Dinkes Pandeglang, 36 pos kesehatan utama di Puskesmas se Kabupaten Pandeglang dan 7 Posko kesehatan tambahan yang tersebar di Alaun-alun Pandeglang, Mengger, Terminal Kadubanen, Terminal Tarogong, Posko di Pustu Banjarwangi Kecamatan Pulosari, Lippo Carita, dan Posko di Pustu Babakan Lor Kecamatan Cikedal.
Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan mengatakan, semua pos kesehatan arus mudik dan arus balik lebaran mulai beroperasi pada Senin (21/7) atau H-7 hingga Selasa (5/8) mendatang atau H+7 dengan melibatkan 60 personel dokter dan 659 paramedis (perawat dan bidan).                       
“Masing-masing pos kesehatan akan dilayani oleh petugas medis/paramedis yang dilengkapi dengan logistik dan perbekalan kesehatan berupa sebuah Tandu, obat-obatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), obat-obatan dasar, tensimeter, stetoskop serta sebuah tabung Oksigen dan 1 unit ambulan,” ungkap H. Deden Kuswan, didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Umum (Yankesum) Hj. Yeni Herlina, Jumat (18/7) akhir pekan kemarin.
Dijelaskan, penempatan pos kesehatan merupakan bagian dari kesiapsiagaan dinas kesehatan bersama unsur TNI/Polri, Dishubkominfo maupun elemen masyarakat lainnya yang tergabung dalam tim pengamanan lebaran tahun 2014
Menurutnya, tradisi masyarakat Pandeglang menjelang Idul Fitri akan banyak warga perantauan pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Karena itu, faktor kesehatan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. “Kami siap memberikan pelayanan bagi warga yang hendak mudik maupun bagi pengemudinya,” tegasnya.
Selaku penanggung jawab Posko Kesehatan Kabupaten Pandeglang, ia berpesan kepada para pemudik untuk menyiapkan fisik yang prima dengan memeriksakan kesehatan sebelum perjalanan, menyiapkan obat-obatan pribadi yang diperlukan, istirahat  yang cukup, mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, serta memanfaatkan pos kesehatan jika membutuhkan.
“Kepada pengemudi transportasi umum yang memberikan pelayanan selama arus mudik Lebaran saya juga berpesan agar menyiapkan fisik dan mental yang prima, memeriksa kesehatan sebelum mengemudi, menghindari penggunaan obat terlarang dan alkohol, memanfaatkan Pos Kesehatan jika membutuhkan, menyiapkan obat-obatan P3K dalam kendaraan, serta berhati-hati mengemudi terutama pada saat cuaca buruk dan disiplin dalam mengemudi dan mematuhi rambu lalu lintas,” paparnya.
Kadinkes juga berharap agar  seluruh jajaran kesehatan  yang bertugas dalam masa arus mudik lebaran  agar selalu bekerja dan bertindak profesional serta mematuhi semua standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.  
Puskesmas Siaga 24 jam
Kepala Bidang Yankesum Dinkes Pandeglang Hj. Yeni Herlina menambahkan, selama pelaksanaan arus mudik dan lebaran sebanyak 16 Puskesmas yakni Puskesmas , Cikole, Pandeglang, Majasari, Banjar, Bangkonol Cipeucang, Mekarjaya, Pulosari, Sindangresmi, Cikeusik, Sukaresmi, Cibitung, Cikedal, Pagelaran, Angsana dan Puskesmas Patia sudah di instruksikan untuk siaga melayani masyarakat dengan membuat daftar piket 24 jam.  “Meskipun  tidak jaga selama 24 jam, tetapi jika  darurat dan sewaktu-waktu dibutuhkan Puskesmas harus siap untuk melayani warga yang membutuhkan pengobatan,” ungkapnya.
Untuk 20 Puskesmas lainnya yang terletak dijalur utama arus mudik yakni Puskesmas Cadasari, Karangtanjung, Kaduhejo, Cimanuk, Mandalawangi, Munjul, Cigeulis, Cibaliung, Cimanggu, Sumur Cisata, Jiput, , Saketi, Bojong, Picung, Menes, Labuan, Carita, Panimbang, dan Sobang menurut Koordinator Pelayanan Kesehatan Posko Kesehatan Kabupaten Pandeglang ini, sudah diinstruksikan untuk difungsikan sebagai Posko Kesehatan 24 jam dan wajib jaga selama 24 jam.
“Khusus untuk Posko Kesehatan tambahan, jam operasionalnya mulai pukul 07.00 - 14.00 WIB (shift 1) dan pukul 14.00 - 21.00 WIB (shift 2), serta pada saat lebaran (Hari H) ditambah shift 3 mulai pukul 21.00 -  07.00 WIB,” tandas Yeni.

Berita terkait : 
Dinkes Pandeglang Siapkan Puluhan Posko Mudik
44 Posko Disiapkan Dinkes Pandeglang
Dinkes Siapkan 43 Posko Kesehatan Arus Mudik


1 komentar: