9 Jul 2014

Pemkab Giatkan Gerakan Sayang Ibu

Pemkab Pandeglang kembali menggiatkan Gerakan Sayang Ibu (GSI). Melalui Kelompok Kerja Tetap (Pokjatap) yang terdiri dari lintas program dan sektor terkait, pembinaan GSI diaktifkan guna meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan komitmen instansi Pemerintah dan peran serta masyarakat dalam upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) secara integratif dan sinergis untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas.
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluaraga Berencana (BP3AKB) atas nama Ketua Tim Pokjatap Kabupaten Pandeglang Hj. Tati Suwagiharti mengatakan, pihaknya telah melaksanakan pembinaan sekaligus evaluasi awal kegiatan GSI di tiga kecamatan sayang ibu (KSI) yakni Cisata, Pulosari dan Kecamatan Karangtanjung. “Termasuk didalamnya kami memberikan pembinaan terhadap kegiatan Bina Keluarga Balita dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” katanya, kemarin.
Selain itu, Pokjatap yang terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diantaranya BP3AKB, Dinkes, Dinas pendidikan, BPMPD, melaksanakan pembinaan di desa siaga, Rumah Sakit Sayang Ibu (RSSI) di RSUD Berkah serta pembinaan disalah satu perusahaan pembina terbaik tenaga kerja perempuan di wilayah Pandeglang.
Kepala Seksi Promosi (Promkes) Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, SKM mengingatkan bahwa GSI merupakan gerakan pemerintah yang dilakukan bersama masyarakat. “Jadi harus ada juga kepedulian dari masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, penurunan angka kematian bayi, program ASI eksklusif, kesehatan reproduksi dan peningkatan derajat kesehatan remaja putri ini,” tutur Yudi usai melakukan pembinaan GSI di RSUD Berkah, Rabu (25/6).
Dia mengungkapkan, kegiatan GSI ini rangkaian pembinaan oleh Pokjatap yang digelar mulai tanggal 23 – 27 Juni 2014. “Kegiatan ini pembinaan dan evaluasi awal untuk melihat beragam kegiatan GSI dimuai di kecamatan sayang ibu, desa siaga, RSSI, Puskesmas, Pondok sayang ibu hingga ditingkat warga dan suami siaga,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar