10 Jul 2014

Puasa Cara Terbaik Berhenti Merokok

SELAIN keberkahan melimpah dan mendapatkan banyak pahala, berpuasa di bulan Ramadan juga membantu orang berhenti dari kebiasaan buruk merokok.

Seperti dikutip Gulftimes dari AP, puasa termasuk salah saru alat untuk mempertahankan  kesehatan dan sangat efektif menyembuhkan berbagai penyakit psikologis dan kelainan jiwa.

"Ramadan melatih para perokok berat untuk hidup sehat dengan menghindari rokok dan kecanduan nikotin untuk hidup normal," kata Dokter RS Family di Rawalpindi Haseeb Sitaar.

Menurutnya, berpuasa membuat orang tetap sehat dan bersih baik fisik maupun rohani, dan berhenti merokok merupakan cara terbaik bagi mereka yang punya infeksi serius.

"Di hari normal, orang cenderung  sulit untuk menahan tidak merokok karena rutinitas yang sibuk, tapi kalau di bulan Ramadan bisa menjauhkan mereka dari merokok, karena selama berpuasa dilarang merokok," ujarnya.

Beristirahat tidak merokok selama sebulan penuh terkadang bisa membuat orang menjadi berhenti total melakukan kebiasaan buruk tersebut.

Meskipun, terkadang orang yang sedang berusaha tidak merokok tersebut menjadi seorang yang pemarah, gelisah, tidak sabar, sulit tidur, dan sulit berkonsentrasi.

"Tapi puasa bisa membantu mereka menjaga kesabaran," kata dia. (tri)

Sumber : antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar