21 Apr 2011

Dinkes Pandeglang Galang Kerja Sama Kemitraan Dengan 13 lembaga Pendidikan Nakes


PROGRAM kegiatan kemitraan dan kerja sama praktek kerja lapangan (PKL) dengan berbagai kalangan mahasiswa dari institusi pendidikan terasa banyak manfaatnya. Tidak saja bagi dinas kesehatan (dinkes) Pandeglang karena tenaga kesehatan terus mendapat informasi pengetahuan dan teknologi kesehatan terbaru hingga percepatan peningkatan cakupan program. Namun, lebih dari itu, menguntungkan masyarakat di lokasi PKL  karena warga setempat diberdayakan.

Sehingga dengan demikian, Kata kepala Seksi Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Dinkes Pandeglang Ratu Tanti Darmiasih diharapkan PKL para mahasiswa lebih mendorong peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan plus adanya alih pengetahuan kesehatan kepada masyarakat.

Dijelaskan Tanti, kemitraan dengan institusi pendidikan tenaga kesehatan yang dirintis seksi Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan sejak Januari 2010 hingga April 2011 berhasil merangkul 13 lembaga pendidikan bekerja sama menyediakan lahan praktek kerja lapangan (PKL) sekaligus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dari 23 gelombang kegiatan yang telah dilaksanakan, sambung Ratu Tanti, jenis PKL terbanyak yang dilakukan yakni  Asuhan Keperawatan dan Kebidanan Komunitas yang biasanya dilaksanakan ditingkat desa, maupun Praktikum klinik kebidanan yang ditempatkan di puskesmas-puskesmas.“Tahun 2010 lalu tidak kurang dari 740 mahasiswa dari wilayah Banten, Jakarta dan Jawa Barat kita fasilitasi untuk pendidikan praktek lapangan di Puskesmas-Puskesmas sampai ke desa-desa di wilayah Pandeglang,” ungkap Ratu Tanti.

Ditambahkan Tanti, sejumlah institusi pendidikan yang sudah dan sedang melakukan PKL di wilayah Pandeglang yaitu Poltekes Bandung Prodi Kebidanan Rangkasbitung, Akbid Muhammadiyah RS Islam Jakarta, Akbid Pelita Persada Jakarta, Akbid Budi kemulyaan Jakarta, Akbid Latansa Mashiro Rangkasbitung, Universitas Indonesia Depok Jabar, Akbid Salsabila Cilegon, Akbid Bhakti Purna Husada Serang, STIKes Faletehan Serang, dan Akbid Pelni Jakarta. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar