2 Jun 2011

Gedung Dengan Tempat Perawatan (DTP) Puskesmas Cadasari Resmi Dioperasikan, Rabu (1/6)


Puskesmas DTP Cadasari
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Iskandar meresmikan pengoperasian gedung baru Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) Kecamatan Cadasari, Rabu (1/6).
Peresmian sekaligus syukuran tersebut dihadiri Sekretaris Dinkes Pandeglang, Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan, Camat Cadasari, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat serta seluruh jajaran pegawai Puskesmas Cadasari.
Kepala Dinkes Pandeglang H. Iskandar dalam sambutannya mengatakan,
Gedung DTP Puskesmas Cadasari merupakan pengembangan fasilitas/sarana Puskesmas yang semula hanya memberikan pelayanan rawat jalan, kini ditingkatkan dengan fasilitas rawat inap plus penanganan gawat darurat yang akan beroperasi 24 jam.
Oleh karena itu, dia mengingatkan jajaran tenaga kesehatan di Puskesmas DTP Cadasari agar menyesuaikan jam kerja yang berlaku dengan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat dan Sumberdaya Kesehatan yang tersedia.
“Seluruh pegawai Puskesmas DTP Cadasari harus ditata ulang agar pelayanan Puskesmas selama 24 jam dapat dilaksanakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk dalam hal kegawatdaruratan penyakit dan penanganan kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.
Iskandar mengapresiasi kinerja pelayanan Puskesmas Cadasari yang selama ini dinilai sangat baik, hingga layak ditingkatkan statusnya menjadi Puskesmas DTP. “Lokasi Puskesmas Cadasari kami nilai strategis, perbatasan antara Kabupaten Serang dan pintu gerbang masuk menuju Kota Pandeglang. Tingginya cakupan pelayanan kesehatan yang telah dicapai selama ini menjadi pertimbangan mengapa Puskesmas Cadasari layak ditingkatkan menjadi Puskesmas DTP,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Puskesmas DTP Kecamatan Cadasari dr. H. Daeng Suganjar menjelaskan gedung berlantai II Puskesmas DTP Cadasari yang dibangun pada TA. 2010 terdiri dari penambahan ruang rawat inap sebanyak empat kamar, ruang laboratorium, gudang perbekalan kesehatan, ruang rawat anak, klinik serta ruang unit gawat darurat. Sedangkan tenaga kesehatan yang tersedia, lanjut Daeng diantaranya tiga dokter umum dan 47 paramedis serta sarana transportasi berupa sebuah ambulanc kendaraan roda empat.
“Kami keluarga besar Puskesmas DTP Cadasari bertekad menjadi Puskesmas yang bermutu dengan melakasnakan pelayanan prima kepada masyarakat (pasien red),” tuturnya.
Untuk mewujudkan tekad yang menjadi Visi Puskesmas DTP Cadasari, sambung Daeng seluruh jajaran Puskesmas telah memberikan komitmen yang disepakati bersama yakni akan melayani masyarakat dengan sepenuh hati melalui tindakan nyata memberikan 3S yakni Salam, Sapa dan Senyum kepada pengunjung Puskesmas DTP Cadasari.  “Motto Puskesmas DTP Cadasari, ‘kami peduli dengan kesehatan anda’ Motto ini yang kita tanamkan kepada seluruh stap Puskesmas dalam mewujudkan Puskesmas yang bermutu di Kabupaten Pandeglang,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar