4 Jun 2011

Sambut Hari Anak Nasional : Dinkes Pandeglang Gelar Aneka Lomba Guna Tingkatkan PHBS


Juara Lomba Balita 2011
MENYAMBUT Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2011 mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang bekerja sama dengan sejumlah Instansi terkait menggelar berbagai aneka lomba. 

Beberapa katagori lomba yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta sikap anak dan orang tua dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) telah dilaksanakan diantaranya lomba penulisan artikel tingkat sekolah dasar (SD) dan SMP, Lomba bercerita tentang kesehatan (Story Telling), lomba Gigi Sehat tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan SD, serta Lomba Dokter Kecil dan Cerdas Cermat tingkat SD.

Selain itu, Dinkes juga telah menyeleksi juara lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2011 yang telah diikutsertakan pada ajang lomba serupa tingkat provinsi.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Pandeglang Asep Hardiansyah mengatakan, kegiatan lomba yang digelar setiap tahun tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan budaya PHBS sejak dini. “Karena anak adalah investasi sumberdaya manusia yang penting untuk penerus generasi bangsa, mereka harus mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang kesehatan sejak bayi. Untuk itu, disini peran orang tua dan pendidik sangat penting,” kata Asep yang juga Ketua Panitia Lomba-lamba menyambut Hari Anak Nasional Dinkes Pandeglang.

Oleh karena itu, Asep menuturkan, Dinkes Pandeglang secara konsisten terus melakukan upaya pembinaan peningkatan PHBS di sekolah sekolah mulai tingkat TK hingga sekolah lanjutan, termasuk peningkatan kapasitas pengetahuan guru dan memotivasi peran aktif orang tua siswa. “Kegiatan ini kita integrasikan melalui Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang bekerja sama dengan dinas pendidikan, departeman agama dan lintas sektor lain yang tergabung dalam Tim Pembina UKS,” ungkapnya.

Dia berharap, pembinaan yang dilakukan ini membuahkan prestasi sekaligus adanya perubahan perilaku kesehatan yang positip walau diakui memerlukan jangka waktu panjang. 

“Kita berharap, upaya ini tidak sekedar meraih prestasi juara dalam setiap event lomba baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Yang lebih penting justru kedepan terjadinya perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Utamanya persoalan perilaku hidup bersih dan sehat yang masih harus ditingkatkan di Pandeglang,” harapnya.

Juara Lomba Balita Sehat
Sementara itu, terkait lomba Balita Sehat, melalui Surat Keputusan (SK) No.800/162-Adm.Kesra/2011 Setda Pandeglang telah menetapkan para juara lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2011. Untuk kelompok usia 6-24 bulan ditetapkan juara 1 yakni Ghazy Sakh Rizqullah, juara II Dea Fadlatun Nufus serta juara III yakni Reisha Nafeeza Ayu. Sedangkan pada kelompok usia 2-6 tahun juara I Nadya Siti Azka, Juara II Hasna Huwaida H, serta juara III M. Ardi Billi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar