6 Jun 2011

Surat Edaran untuk Kadinkes Seluruh Indonesia tentang EHEC

Kolom Pak Dirjen P2PL

Dalam mengantisipasi masalah infeksi akibat Entero Hemoragic E Coli (EHEC) di Eropa yang antara lain menyebabkan HUS (haemolytic uraemic syndrome), saya selaku DirJen P2PL Kemenkes RI telah membuat surat edaran kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia dan seluruh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Dalam surat edaran itu, sebagai langkah antisipasi saya meminta agar mereka mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

1. Meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat luas tentang pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

2. Meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat untuk membiasakan selalu mencuci  tangan dengan sabun setelah buang air besar/kecil dan sebelum menyentuh makanan/minuman.

3. Mencuci sayuran dan buah buahan dengan air sampai benar-benar bersih, terutama sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi secara segar (tidak dimasak).

4. Mencermati setiap kasus dengan gejala diarrhea terutama yang disertai dengan gejala perdarahan.

5. Khusus kepada kepala Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh Indonesia, agar mencermati setiap penumpang khususnya dari negara-negara Eropa yang mengalami gejala tersebut diatas dan segera mengoordinasikan dengan imigrasi dan pengelola bandara serta melaporkan kepada Dirjen PP dan PL.

Sementara itu, menurut World Health Organization (WHO) langkah pencegahan  EHEC dan HUS di Eropa kini adalah sebagai berikut:

a. Melaksanakan pola hidup bersih sehat, dengan selalu  mencuci tangan setelah menggunakan toilet dan sebelum memegang makanan.

b. Pengamatan terhadap kasus diare berdarah yang disertai sakit perut, yang kasus itu ada riwayat perjalanan / atau kontak dengan orang yang datang dari Jerman Utara. Kasus ini harus segera berobat kesarana kesehatan.

Sumber : SehatNews.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar