17 Jan 2013

FKP Gelar Pembinaan Kader Posyandu


DALAM rangka pembinaan anggota, Forum Kader Posyandu (FKP) Kabupaten Pandeglang menggelar temu kader Posyandu se Kabupaten Pandeglang yang di gelar di Aula gedung DPD Golkar Pandeglang, Selasa (15/1) kemarin.
Menurut Ketua FKP Pandeglang Hj. Tety Hartati, kegiatan dilaksanakan dalam rangka pembinaan kepada ribuan Kader Posyandu yang ada di Kabupaten Pandeglang. “Yang diundang dalam pertemuan adalah ketua kader Posyandu se Kabupaten Pandeglang yang dilaksanakan dalam lima angkatan mulai 15 sampai 21 Januari 2013,” kata Hj. Tety yang menyampaikan laporan selaku ketua penitia penyelenggara.
Ditambahkan, para kader Posyandu yang diundang akan diberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan oleh nara sumber terkait tugas dan peran para kader selaku pengelola Posyandu ditingkat masyarakat.
Hadir dalam acara yang dibuka Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah itu, perwakilan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Banten, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Pandeglang, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB (BP3AKB) Pandeglang, TP PKK Kabupaten serta Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan (dinkes) Pandeglang.
Dalam sambutannya Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah mengakatan, perkembangan Posyandu yang ada sangat dipengaruhi oleh upaya kader dalam mengelola Posyandu serta tingginya pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam kegiatan posyandu di wilayah tersebut.
“Seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu,” tutur  Nuriah.
Menurutnya pembagunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama dengan masyarakat telah menunjukkan keberhasilan yang cukup berarti, namun ditegaskan Nuriah, peran kader Posyandu harus dioptimalkan dalam membantu pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang.
“Keberhasilan pembangunan kesehatan masyarakat yang telah dicapai antara lain dapat dilihat dari tingkat perkembangan Posyandu yang sudah berjalan di seluruh desa/kelurahan dan status kesehatan masyarakat yang semakin baik. ini karena kegiatan Posyandu teratur dilakukan,” tegasnya.

1 komentar: