10 Jan 2013

Puskesmas Mandalawangi Giat Bina Program UKS

PUSKESMAS sebagai salah satu unsur  Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) ditingkat kecamatan harus kerjasama dengan sekolah untuk peningkatan derajat kesehatan anak sekolah.

Apalagi penyelenggaraan program UKS yang lebih menitikberatkan pada upaya promotif (peningkatan kesehatan red)  dan preventif (pencegahan penyakit red) , sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar dan kesehatan peserta didik.

Untuk itu, Puskesmas Mandalawangi secara berkala melakukan kunjungan ke sekolah dalam rangka pembinaan UKS.

Menurut Kepala Puskesmas Mandalawangi Baihaki, pembinaan program UKS di sekolah yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan seperti penjaringan kesehatan anak sekolah, upaya kesehatan gigi, imunisasi hingga fasilitator pelatihan  dokter kecil.

“Kami rutin melakukan pembinaan UKS ke sekolah-sekolah terutama sekolah dasar sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan anak di lingkungan sekolah,” tutur Baihaki disela-sela acara Stap Meeting Puskesmas Mandalawangi, Rabu (2/1) kemarin.

Salah satu prestasi yang dicapai, ungkap Baihaki yakni  TP UKS Kecamatan Mandalawangi berhasil menjadi juara kedua dalam lomba Dokter Kecil yang digelar TP UKS Kabupaten Pandeglang akhir 2012 lalu.

Dikatakan, program kesehatan harus mulai ditanamkan sejak dini mulai dari lingkungan sekolah, karena usia sekolah merupakan masa terpenting untuk menjaga tumbuh kembang anak.

“ Pogram UKS mempunyai peran penting, salah satunya dalam hal membantu di dalam pertumbuhan anak dan perkembangan kesehatannya,” katanya.

Dijelaskan, UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya terbentuk perilaku hidup sehat dan bersih baik bagi peserta didik, warga sekolah maupun masyarakat sekitar.

Tujuannya, tambah Baihaki untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat melalui tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan UKS yang  meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. (red)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar