10 Jan 2013

Puskesmas Patia Terus Antisipasi Penyakit Dampak Banjir


CURAH Hujan yang semakin deras mengguyur wilayah Kabupaten Pandeglang sejak akhir tahun lalu tak urung membuat sejumlah kecamatan terendam banjir. Di kecamatan Patia misalnya, dari sepuluh desa yang ada, lima diantaranya mengalami banjir hingga kini. Tak hanya itu dua desa yakni Idaman dan Surianeun praktis seluruh wilayahnya tergenang air, menyebabkan Pos Kesehatan (Poskes) yang ada juga ikut terendam. Namun hal itu tak membuat surut semangat petugas kesehatan yang bertugas. Bersama tim yang bertugas di Posko kecamatan, para relawan dan tokoh masyarakat setempat, semuanya bahu membahu saling membantu menanggulangi dampak banjir terutama memberikan bantuan sandang dan pangan kebutuhan warga dipengungsian.
Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Kecamatan Patia, Wawan Suherwan. Dia mengatakan, sampai saat ini Puskesmas mengerahkan seluruh personil yang ada untuk membantu warga yang kebanjiran.
“Jumlah semua 40 tenaga medis yang ada, sebagian kita kerahkan bertugas di pos kesehatan di lima desa yang banjir yaitu Desa Ciawi, Babakankeusik, Idaman, Surianeun dan Rahayu. Masing-masing Poskes ditempati empat tenaga medis,” kata Wawan yang menghubungi via telepon, Kamis (10/1)
Sedangkan sisanya, lanjut dia para petugas medis bersiaga di Puskesmas Patia yang sekarang dijadikan lokasi pengungsian sementara sebagaian warga setempat yang mengungsi
Menurut Wawan stok obat-obatan sampai sekarang masih tersedia.  “Persediaan obat masih cukup, kita sudah dapat bantuan dari Dinkes Provinsi dan Dinkes Kabupaten Pandeglang, termasuk ada bantuan biskuit 300 dus, tetapi belum terdistribusi sehubungan akses jalan terputus air, sehingga masih disimpan di Puskesmas Panimbang,” katanya.
Ditambahkan, sejak 3 Januari hingga sekarang, poskes telah menangani 1025 warga yang menderita sakit terdampak banjir seperti diare, penyakit kulit, batuk pilek, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Dia juga mengungkapkan, pihaknya sejak awal Januari mendapatkan bantuan tenaga medis dari Puskesmas Cikeudal untuk menanggulangi dampak banjir yang menimpa warga di wilayah kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar