16 Jan 2013

Dinkes Optimalkan Peran Kader Posyandu



Partisipasi masyarakat dalam pembangunan kesehatan yang mempunyai peran besar salah satunya adalah peran Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).  Makanya, peran Kader Posyandu dalam pelayanan kesehatan masyarakat tidak bisa dianggap remeh.  Peran sebagai penggerak masyarakat utamanya memberitahu dan memotivasi ibu-ibu untuk datang ke Posyandu sudah menjadi tugas rutin dijalankan para kader hingga saat ini.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang Hj. Nuriah, SKM, Msi disela-sela membuka pertemuan kader kesehatan yang digelar Forum Kader Posyandu Kabupaten Pandeglang, Selasa (15/1).
Dia mengatakan, Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan yakni adanya Posyandu yang mandiri, dibentuk oleh dan untuk masyarakat dengan dukungan teknis petugas Puskesmas.
“Untuk memantapkan pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat, Posyandu harus dapat melakukan kegiatan secara teratur dengan jumlah kader minimal lima orang,” kata Nuriah seraya mengajak Forum Kader Posyandu untuk memperkuat kemitraan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pandeglang.
Dijelaskan, perkembangan Posyandu yang ada sangat dipengaruhi oleh upaya kader dalam mengelola Posyandu serta tingginya pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam kegiatan posyandu di wilayah tersebut.
“Seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu,” tutur  Nuriah.
Menurutnya pembagunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama dengan masyarakat telah menunjukkan keberhasilan yang cukup berarti, namun ditegaskan Nuriah, peran kader Posyandu harus dioptimalkan dalam membantu pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang.
“Keberhasilan pembangunan kesehatan masyarakat yang telah dicapai antara lain dapat dilihat dari tingkat perkembangan Posyandu yang sudah berjalan di seluruh desa/kelurahan dan status kesehatan masyarakat yang semakin baik. ini karena kegiatan Posyandu teratur dilakukan,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar