24 Jan 2013

Puskesmas Majasari Siaga Antisipasi Longsor



KENDATI belum dapat diprediksi, intensitas curah hujan yang tinggi berpotensi menimbulkan bencana lain di daerah dengan dataran tinggi diantaranya longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang menyebut  sedikitnya ada 15 kecamatan rawan longsor yakni Mandawangi, Jiput, Saketi, Bojong, Cisata, Cimanggu, Pagelaran, Munjul, Pulosari, Cibaliung, Karangtanjung, Kaduhejo, Banjar, Pandeglang, dan Majasari.
Hal tersebut patut diwaspadai warga Pandeglang terutama yang bermukim di sekitar kawasan Gunung Aseupan, Gunung Karang, dan Gunung Pulosari (Akarsari) karena sewaktu-waktu bisa terjadi longsor.
Menurut Kepala Puskesmas Majasari Hj. Mei Wijaya, potensi terjadinya bencana longsor perlu diantisipasi. “Kalau longsor itu terjadi memang sangat mungkin menimbulkan korban jiwa warga sekitar. Puskesmas Majasari sudah menyiagakan tim kesehatan untuk itu, kami sudah siaga, termasuk stok logistik obat, tandu evakuasi sederhana dan persediaan kantong mayat,” tutur Hj. Mei Wijaya, kemarin.
Diakui, Puskesmas Majasari termasuk salah satu kecamatan rawan bencana longsor karena berlokasi di kaki Gunung Karang. Oleh karena itu, puskesmas terus melakukan komunikasi dengan pihak kecamatan untuk memperoleh informasi segala kejadian dan koordinasi kegiatan yang diperlukan. (red)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar