4 Jun 2012

Gubernur Atut Janjikan Umroh Bagi Sekolah Juara UKS

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menjanjikan hadiah umroh bagi kepala sekolah yang sekolahnya menjadi juara lomba unit kesehatan sekolah (UKS) tingkat nasional.
     
"Ibu gubernur menjanjikan hadiah berangkat umroh atau haji bagi kepala sekolah yang sekolahnya menjadi juara UKS nasional," kata Asisten Daerah Kesejahtraan Rakyat (Asda III) Provinsi Banten Eutik Suarta usai menerima tim penilai nasional lomba sekolah sehat dan UKS di pendopo Gubernur Banten di Serang, Selasa.
      
Eutik mengatakan, hadiah tersebut sebagai bentuk komitmen dan perhatian Gubernur Banten terhadap kesehatan lingkungan sekolah dan UKS. Bahkan, komitmen pemerintah daerah tersebut mendapatkan apresiasi dari tim penilaian nasional lomba UKS dan sekolah sehat dari perwakilan empat kementerian.

 Ketua tim penilaian nasional lomba UKS dan sekolah sehat, Sri Kusminarti mengatakan, lomba UKS strategis untuk mendidik siswa-siswi karena anak-anak sekolah sebagai agen pembaharu dibekali dengan pendidikan untuk menjaga kesehatan lingkungan sekolahnya.
       
"Banten masuk ke dalam 24 provinsi yang dinominasikan dalam penilaian nasional. Selama ini penilaian dengan instrumen baru hasil reformasi," kata Kusminarti.
      
Menurutnya, instrumen penilaian dalam lomba UKS nasional tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya yang instrumen penilaiannya disamaratakan untuk setiap daerah. "Sekarang instumen penilaiannya tidak disamaratakan seperti antara daerah yang berada di wilayah barat dan timur," kata Kusminarti.

"Kriteria penilaian lomba UKS itu yakni sekolah yang sudah melaksanakan trias UKS, perilaku siswa dan lingkungan sekolah dalam melakukan dan mempromosikan kesehatan sekolah, serta sekolah yang sudah dinominasikan di tingkat provinsi," kata Kusminarti.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Hudaya mengatakan, sekolah yang mewakili Banten dalam lomba UKS tingkat nasional antara lain untuk kategori TK, TK Atisa Dipamkara Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, kemudian kategori sekolah SD, sekolah SD Islam plus Insan Rubani Kecamatan Tigaraksa  Kabupaten Tangerang, kategori sekolah SMP diwakili  MTSN I Rajeg Kabupaten Tangerang dan tingkat SMA diwakili SMAN I Pandeglang. 
     
"Sekolah-sekolah tersebut sebelumnya menjadi juara lomba UKS tingkat provinsi," kata Hudaya.


Sumber : Kompas.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar