4 Mar 2013

HUT RSB Permata Ibunda, Puluhan Warga Donorkan Darah



UNIT Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan Rumah Sakit Bersalin (RSB) Permata Ibunda dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiayah (IMM) Kabupaten Pandeglang menggelar aksi donor darah dan cek kesehatan gratis di RSB Permata Ibunda  yang terletak di kawasan Saruni Kecamatan Majasari, Pandeglang, Sabtu (2/3).
Manager RSB Permata Ibunda Hj. Mei Wijaya mengungkapkan, dari 80 orang sukarelawan yang hadir, sedikitnya 50 kantong darah telah dikumpulkan dari kegiatan tersebut.  
“Para pendonor berasal dari sekitar kecamatan Majasari, para mahasiswa dan semua karyawan RSB Permata Ibunda,” ungkapnya.
Menurut Mei yang juga Ketua PMI Kecamatan Majasari, semua pendonor yang menyumbangkan darah saat itu dicatat nomor handponenya. Hal itu dia lakukan untuk mengingatkan pendonor agar bisa mendonorkan darahnya secara rutin setiap tiga bulan sekali.
Ketua UDD PMI Pandeglang dr. H. Gatot Supriyadi  menegaskan, pihaknya menekankan agar setiap pendonor dilakukan secara sukarela, tanpa menentukan untuk siapa darah tersebut dipakai.  “Sumbangan sukarela ini tidak dapat dinilai dengan uang, melainkan hanya ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta tentunya mendapat pahala dari Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.
Karena itu untuk melindungi kesehatan calon donor, ia mengaku melakukan pemeriksaan secara ketat prosedur persyaratan yang harus dipenuhi seperti umur 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, kadar Hemoglobin minimal 12, 5 gdl dan tekanan darah yang normal. “Bagi penumbang darah wanita tidak sedangt haid, hamil atau menyusui,” tandasnya.
Ketua IMM Pandeglang Yogi Iskandar mengatakan bakti sosial donor darah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama warga. "Donor darah ini bertujuan membantu sesama, " ujarnya.
Hadir dalam aksi donor darah tersebut Direktur RSB Permata Ibunda dr. H. Suradal Sastradibrata, SpOG yang juga sebagai pendiri. “Kegiatan yang kami lakukan merupakan rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RSB Permata Ibunda yang pertama,” kata Yogi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar