13 Mar 2013

Murni, Bayi Tersehat Tingkat Kabupaten Pandeglang



PENYELENGGARAAN lomba Bayi dan Balita Sehat tingkat Kabupaten tahun 2013 yang digagas Rumah Sakit Bersalin (RSB) Permata Ibunda dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pandeglang, Rabu (6/3) boleh dibilang sukses.
Sekitar seratusan anak dibawah umur lima tahun (Balita) dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Pandeglang membanjiri ruang tunggu RSB Permata Ibunda, tempat dimana lomba tersebut digelar.
Didampingi kedua orang tua masing-masing, sejak pagi hari para peserta lomba yang terbagi dalam dua kelompok umur (kategori red) yakni umur 6-23 bulan (bayi) dan umur 25-59 bulan (balita) sudah berdatangan. Dari wajah bayi dan balita itu tampak keceriaan terpancar dari matanya yang bening dan berbibir segar, ciri khas tanda sebagai anak sehat.
Meski terdengar ada satu dua peserta yang menangis, namun pada umumnya para balita sehat terbaik tingkat kecamatan itu perkembangan fisiknya sehat dan optimal.
Ketua Panitia Lomba Hj. Mei Wijaya mengatakan panitia mengundang peserta perwakilan bayi dan balita sehat terbaik tingkat kecamatan dari 35 kecamatan se-Kabupaten Pandeglang.
“Animo masyarakat mengikuti lomba ini cukup tinggi. Selain dari perwakilan kecamatan, peserta kami undang dari orang tua balita yang melahirkan di tempat kami,” tutur Mei Wijaya yang juga Manager RSB Permata Ibunda itu.
Dijelaskan, tim juri lomba berasal dari berbagai profesi kesehatan seperti dokter anak, ahli gizi, psikolog anak, Pokja IV TP PKK serta tim penilai independen. “Peserta terbaik tingkat kabupaten akan diikutsertakan dalam lomba bayi dan balita sehat di tingkat Provinsi Banten,” jelasnya.
Dia mengungkapkan, hasil seleksi yang berlangsung selama sehari penuh itu, terpilih sembilan anak dari masing-masing kategori sebagai pemenang lomba bayi dan balita tingkat kabupaten mulai juara pertama hingga juara favorit III.
“Para juara lomba mendapatkan piagam penghargaan, trofi, bingkisan dan sepeda anak. Khusus untuk peringkat pertama dan kedua lomba mendapat hadiah tambahan berupa tabungan dari Bank BNI Pandeglang,” katanya.
Bayi dan Balita tersehat
Berikut para juara lomba bayi dan balita sehat tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2013 yang dirilis panitia penyelenggara untuk kategori bayi sehat terbaik yakni Juara pertama Murni (15 bulan) putri pasangan suami istri Santana dan Eha Sulaemah warga Kampung Sabang RT 01/06 Desa Sidamukti Kec. Sukaresmi, Juara II Gadiza Kirani Rahayu (21 bulan) putri Ahmad Slamet Rahayu dan Susan Noviyanti warga Kampung Cipacung Kel. Saruni Kec. Majasari, Juara III Aulia Febrianti (12 bulan) putri Maman dan Aas Asiah  warga  Kampung Ciherang Kelurahan/Kecamatan Pandeglang.
Untuk juara harapan pertama adalah Muhamad Alfian (10 bulan), haparan kedua Rizky Khoirul Annas (10 bulan) dan harapan ketiga Khoirudzikri (12 bulan). Adapun bayi sehat favorit I, II dan III terpilih berturut-turut Muhammad Yusuf At-taqwa (11 bulan), Naila Zahra Sifa (9 bulan), dan Nala Syarofa (12 bulan)
Sedangkan untuk kategori balita sehat terbaik juara I diraih Akhtar Nagatha Choiri (2 tahun), juara II Keyra Risty Putri (3,8 tahun), dan M. Kevin Pratama (2,8 tahun) juara ketiga.
Selanjutnya Alfian Dinova (3,9 tahun) sebagai juara haparan I, harapan II Mukhoyyaroh (2 tahun) dan harapan III Sherly Neyla Risydatika (3,1 tahun).
Sementara balita sehat favorit adalah Adinda Fatimah Az-zahra (2,6 tahun), Raisa Yulaica (3,9 tahun) dan Jainatul Adha (3,3 tahun).
Lomba yang dibuka Ketua TP PKK Pandeglang, Hj. Siti Erna Erwan tersebut dihadiri Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Pandeglang Hj. Tuti Utami Dodo Djuanda, Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah, Direktur RSB Permata Ibunda Dr. H. Suradal Sastradibrata, SpOG, para ibu camat, serta Kepala Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar