7 Mar 2013

TP PKK-RSB Permata Ibunda Gelar Lomba Balita Sehat


USIA antara 0 – 5 tahun (balita red) merupakan masa emas (golden age) bagi pertumbuhan seorang anak. Pada masa balita tersebut perkembangan kemampuan berbahasa, kreatifitas, emosional dan intelegensia tumbuh secara cepat.
Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Pandeglang, Hj. Siti Erna Erwan disela-sela membuka acara lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten Pandeglang yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) pertama RSB Permata Ibunda, Rabu (6/3).
Hadir dalam acara tersebut Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Pandeglang Hj. Tuti Utami Dodo Djuanda, Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah, Direktur Rumah Sakit Bersalin (RSB) Permata Ibunda Dr. H. Suradal Sastradibrata, SpOG, para pendamping peserta TP PKK Kecamatan dan Puskesmas, serta para keluarga dan orang tua balita.
Erna mengharapkan, diadakannya lomba balita untuk meningkatkan motivasi dan pengetehuan ibu dan keluarga, terutama dalam merawat serta memberikan asupan makanan yang bergizi untuk mewujudkan generasi yang sehat, cerdas dan berakhlakul karimah.
“Dengan kegiatan ini kami mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat sekaligus memotivasi orang tua untuk aktif membawa putra-putri mereka yang masih balita ke Posyandu,” tegasnya.
Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Nuriah mengatakan, kesehatan Balita dan status gizi anak perlu mendapat perhatian lebih dari orang tua maupun masyarakat. “Karena anak investasi masa depan,” ujarnya.
Salah satu upaya yang digalakan untuk menjaga tumbuh kembang anak diantaranya, melalui menimbang secara teratur di Posyandu. “Dengan cara datang ke Posyandu  status gizi dan tumbuh kembang anak balita akan terpantau rutin setiap bulan,” katanya.
Dia juga menyatakan dengan adanya lomba Balita ini diharapkan masyarakat akan memberikan perhatian lebih dalam menjaga gizi anak.
Ketua Panitia Lomba Hj. Mei Wijaya mengatakan lomba balita dilaksanakan kerja sama dengan TP PKK Kabupaten Pandeglang mengundang peserta perwakilan bayi dan balita dari 35 kecamatan se-Kabupaten Pandeglang.
“Animo masyarakat mengikuti lomba ini cukup tinggi. Selain dari perwakilan kecamatan, peserta kami undang ada dari orang tua balita yang melahirkan di tempat kami. (dulu klinik permata bunda red),” kata Mei.
Lomba ini kata Mei yang juga Manager RSB Permata Ibunda ini ditujukan guna membagi pengetahuan kepada masyarakat terutama orangtua yang memiliki balita. “Bahwa ukuran balita sehat tidak sekadar dilihat dari berat badan,  selain pertumbuhan fisik, balita sehat juga berkembang sesuai usianya. Inilah yang menjadi penilaian tim juri dalam menentukan Balita Sehat,” jelasnya.
Dijelaskan, tim juri berasal dari berbagai profesi kesehatan seperti dokter, ahli gizi, psikolog anak, Pokja IV TP PKK serta tim penilai independen dan konsultan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). “Sedangkan kategori yang dilombakan yaitu peserta bayi 6-11 bulan, bawah tiga tahun (batita) 1-3 tahun, dan kategori balita 4-5 tahun,” katanya.
Lomba yang diikuti ratusan pendamping peserta tersebut berlangsung selama sehari penuh, sedangkan untuk pemenangnya akan diumumkan pada acara puncak peringatan HUT RSB Permata Ibunda, 11 Maret 2013 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar