31 Jan 2014

Rumah Sakit Bersalin Permata Ibunda Peduli

RANGKAIAN menyambut hari jadi Rumah Sakit Bersalin (RSB) Permata Ibunda ke-2, ratusan ibu hamil mendapatkan pelayanan pemeriksaan kandungan gratis di sebuah Klinik Dokter Kandungan  di Kawasan Kampung Masjid Desa Labuan Kecamatan Labuan, Selasa (28/1).
Direktur RSB Permata Ibunda dr. H. Suradal Sastradibrata, SpOG mengatakan, kegiatan ini merupakan kepedulian pihaknya terhadap warga Pandeglang Selatan, khususnya ibu hamil yang tidak mampu.
“Sehari ini saya bakti sosial, mengkhususkan waktu untuk melayani masyarakat Pandeglang yang ingin memeriksakan kesehatan ibu hamil dan penyakit kandungan, beserta obatnya semuanya gratis,” ujar Suradal, ditengah kesibukannya melayani pasien yang datang, di Klinik setempat.
Suradal menjelaskan, pelayanan gratis yang diberikan meliputi pemeriksaan ultrasonografi (USG), pemeriksaan detak janin (CTG) serta pemeriksaan laboratorium gula darah sewaktu (GDS) dan Hemoglobin darah (Hb) serta deteksi penyakit kandungan dan pengobatannya, hingga konsultasi maupun penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
Dia mengungkapkan, kegiatan serupa bakal digelar di RSB Permata Ibunda di Kawasan Majasari, Pandeglang pada Hari Sabtu, 1 Februari 2014 mendatang.
Manager RSB Permata Ibunda Hj. Mei Wijaya mengungkapkan, hingga pukul 21.00 Wib. Tercatat 136 peserta baksos selesai mendapatkan pelayanan. Dia mengatakan acara dimulai pukul 08.00 Wib hingga larut malam, karena dibutuhkan waktu cukup lama sekitar 5 – 10 menit perorang untuk pemeriksaan kandungannya.
“Ibu hamil yang datang berasal dari wilayah selatan Kabupaten Pandeglang seperti Kecamatan Menes, Jiput maupun Carita dan Labuan serta Kecamatan Panimbang hingga Kecamatan Cigeulis,” terangnya.
Dikatakan, RSB Permata Ibunda bekerja sama dengan Puskesmas di wilayah Pandeglang bagian selatan untuk mengirimkan ibu hamil yang tidak mampu untuk diperiksa kesehatannya oleh dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan. “Jadi ibu hamil yang jauh diantar oleh bidan Puskesmasnya,” katanya.
Sementara itu di lokasi baksos warga yang datang terlihat antusias. Yayah (48) warga Kampung Geyon, Desa Karyabuana, Kecamatan Cigeulis mengaku senang mendapatkan kesempatan diperiksa kesehatan kandungan secara gratis oleh dokter spesialis. “Saya ini tidak mampu kalau harus membayar dokter spesialis, Alhamdulillah hari ini diantar bidan Puskesmas untuk mendapat pemeriksaan kandungan gratis,” ungkap Yayah yang mengaku saat ini mengeluhkan perdarahan pada kandungannya.
Warga lainnya Sapri (50) asal Kampung Cigenteng Desa/Kecamatan Jiput mengaku mengantarkan saudaranya untuk diperiksa hamil. “Ingin diperiksa dokter spesialis, tetapi tidak ada keluhan kehamilannya. Mumpung gratis katanya,” tandas bapak yang berprofesi pengojeg itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar