15 Apr 2012

Bupati Pandeglang Minta BPBD Pantau Ujung Kulon Pasca Gempa


BUPATI Pandeglang, Erwan Kurtubi, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk memantau situasi dan kondisi pesisir Pantai Ujung Kulon setelah gempa berkekuatan 6,0 SR menggoyang wilayah tersebut pada Ahad (15/4) pukul 02.26 WIB. Bupati juga meminta masyarakat di pesisir pantai tersebut untuk waspada karena khawatir terjadi gempa susulan.

"Kami minta warga waspada tapi tetap beraktivitas. Jangan sampai karena takut, mereka tidak melakukan apa pun," kata Erwan Kurtubi ketika dikonfirmasi Antara di Pandeglang, Banten, Ahad (15/4).
Erwan mengaku pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan dampak dari gempa Pandeglang tersebut. Belum ada laporan baik laporan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, dirinya sudah meminta BPBD terus memantau perkembangan pascagempa.
Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang, Rifa'i, juga mengaku belum menerima laporan adanya korban ataupun kerusakan akibat gempa tersebut.

"Saya sudah kontak berbagai pihak terkait di Kecamatan Sumur, '' katanya. ''Namun, sementara ini memang belum ada laporan kerusakan ataupun korban."
Pihaknya sejauh ini masih siaga dan siap memberikan bantuan jika memang dibutuhkan. Gempa berkekuatan 6,0 SR mengguncang pesisir Pantai Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, pada Ahad pukul 02.26 WIB. Analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Serang, Halim Perdanakusuma, menjelaskan gempa tersebut terjadi dekat Pulau Deli.

Titik episentrumnya terletak pada 7,17 lintang selatan dan 1,05 bujur timur. Pusat gempa berada di 95 km barat daya Pandeglang dengan kedalaman 10 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar