9 Apr 2012

Dinkes Seleksi Nakes Teladan 2012


SEPEKAN belakangan ini kesibukan Kepala Seksi Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan (Kasi PMTK) Dinkes Pandeglang Ratu Tanti Darmiasih kian bertambah. Maklum, disela kesehariannya memfasilitasi kenaikan pangkat dan golongan tenaga fungsional Puskesmas dan rumah sakit seperti dokter, perawat, bidan, sekarang dia sedang bersiap menggelar pemilihan tenaga kesehatan (nakes) teladan tahun 2012.
Bersama sejumlah stafnya, Kamis (5/4) siang itu Tanti, begitu dia biasa disapa, nampak terlihat serius membahas materi dan bahan yang perlu disiapkan dalam proses seleksi awal nakes teladan baik untuk tingkat Puskesmas maupun kabupaten.
Ditemui diruang kerjanya, Tanti menyatakan kesiapannya menggelar tahapan pemilihan nakes teladan dengan pelibatan tim juri lintas program dan organisasi profesi kesehatan setempat. “Saat ini calon nakes teladan seleksinya masih berlangsung ditingkat Puskesmas,” kata Tanti akhir pekan kemarin.  
Dia menjelaskan, pemilihan nakes teladan tingkat Kabupaten Pandeglang merupakan agenda  tahunan. “Setiap tahun rutin digelar dalam rangka memberikan penghargaan bagi mereka yang bertugas di Puskesmas dan punya kinerja baik,” jelasnya.
Tahun ini, kata Tanti ada empat katagori nakes teladan yang diseleksi yakni dokter gigi, bidan, asisten apoteker dan nutrisionis (ahli gizi). “Teladan kabupaten akan mewakili Pandeglang dalam pemilihan nakes tingkat provinsi dan nasional,” katanya.
Tahapan seleksi yang harus dilalui para calonpun terbilang ketat. “Selain harus menjalani ujian tertulis, calon teladan akan ditinjau tim juri di lapangan dimana mereka bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat,” ujarnya.
Tanti menyatakan, pemilihan nakes teladan bakal dilakukan lebih selektif dan transparan untuk memilih nakes teladan tingkat Kabupaten Pandeglang sesuai katagori dan syarat ketentuan yang ditetapkan dewan juri.
Dia beralasan, tahun 2011 Pandeglang berhasil merebut tiga katagori teladan pertama tingkat Provinsi Banten yakni dokter teladan, perawat teladan dan nutrisionis teladan. Karena itu, kali ini juga dia bertekad mempertahankan prestasi tersebut. “Untuk mempertahankan predikat teladan provinsi kami harus melakukan seleksi lebih ketat,” tegas Tanti yang kerap tersenyum ramah terhadap setiap orang yang dijumpainya. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar