15 Apr 2012

Sopiah (Alm) Bukan Bidan, Tapi Perawat

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Iskandar merasa perlu meluruskan informasi terkait pemberitaan disejumlah media massa baik cetak, online maupun elektronik yang menyebutkan dalam pemberitaannya Sopiah berprofesi sebagai bidan yang bekerja di salah satu Puskesmas di Kabupaten Pandeglang.
Menurut Iskandar, Profesi Sopiah (35) adalah Perawat yang bekerja sebagai PNS di Puskesmas Cikeudal. “Pemberitaan yang menyebutkan Sopiah (Alm) sebagai bidan membuat kami mendapat banyak pertanyaan dari organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) terutama dari IBI Provinsi dan IBI Pusat yang mempertanyakan keberadaan profesi Sopiah yang bukan anggota IBI,” jelas Iskandar, Minggu (15/4).
Oleh karena itu menurut Iskandar penyebutan profesi korban oleh sebagian media dianggap tidak pas dan membuat para bidan protes karena profesi IBI dikaitkan dengan kejadian yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan mereka.
Kadinkes Iskandar juga menegaskan, kasus yang menimpa Almarhumah Sopiah tidak ada kaitannya dengan profesi perawat yang dijalankankannya selama ini. “Selama menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai perawat di Puskesmas, Almarhumah kita nilai baik, tidak punya masalah dengan teman sejawatnya dan sudah banyak menolong masyarakat,” ungkapnya.
Hal ini menepis informasi yang berkembang disebagian masyarakat seolah-olah Almarhumah meninggal karena gagal memberikan pertolongan pada klien nya lalu kemudian dibunuh. “Informasi yang menyebutkan karena gagal menolong pasien itu isu dan kami menyesalkan kalau ada oknum yang menyampaikan informasi seperti itu tanpa konfirmasi terlebih dahulu,” jelasnya. (mr.adesetiawan@gmail.com)***
Sebelumnya diberitakan di HU Radar Banten Sabtu,14 April 2012, Sofiah (35), bidan Puskesmas Cikedal, Kabupaten Pan­deglang, menjadi korban pembunuhan, Kamis (12/4) malam. Warga Kampung Masjid, Desa Sukamaju, Kecamatan La­buan, Kabupaten Pandeglang, diduga dibunuh oleh sua­mi sirinya, Erik Triaspoetra. Kemarin, jenazah korban di­otopsi di RSUD Serang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar