13 Apr 2012

Siapa Bilang Koordinasi Lintas Sektor Sulit ?


MENJABAT kepala puskesmas di wilayah perkotaan sekitar tiga bulan memberi pengalaman berharga bagi Hj. Umbiyati. Pengalaman positif itu dia alami saat harus melakukan koordinasi  berbagai kegiatan dan program puskesmas dengan lintas sektor kecamatan dan kelurahan.  Kesan ini menurut Umbi mengikis anggapan sulitnya berkoodinasi dengan lintas sektor. Karena yang dia alami justru sebaliknya. “Komunikasi dengan lintas sektor kecamatan dan Lurah sangat baik dan cukup dekat. Disini Camat sangat mendukung semua kegiatan puskesmas. Bahkan setiap ada kegiatan di tingkat kecamatan, Puskesmas selalu diundang dan aktif dilibatkan,” ujar Kepala Puskesmas Kadomas Kecamatan Pandeglang Bd. Hj. Umbiyati, SKM, Selasa (10/4) kemarin.
Kedekatan komunikasi yang terjalin, tutur Umbi yang sebelumnya Kepala Puskesmas Bangkonol  ini sangat membantu efektifitas operasional program di puskesmas, terutama kegiatan diluar gedung seperti pelayanan Posyandu maupun sosialisasi program kesehatan bagi warga setempat.
Dia juga mengaku kerap mendapat informasi dari camat dan lurah bila mendapati masalah kesehatan warga di wilayah kerjanya. Begitupun sebaliknya. “Setidaknya kami saling memberi informasi melalui telepon atau pesan singkat (SMS) bila ada tugas yang harus dilakukan secara lintas sektoral sesuai peran dan tugas masing-masing,” katanya. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar