2 Mei 2012

Menkes Endang Rahayu tutup usia


Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih meninggal dunia pada usia 57 tahun di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Rabu (02/05).
Endang sejak beberapa pekan terakhir dirawat intensif di RSCM karena penyakit kanker paru-paru yang beberapa tahun ini menderanya.
''Menteri Kesehatan meninggal pukul 11:41 siang,'' kata Direktur Utama RSCM Akmal Taher.
Belum diketahui kapan dan dimana Menteri Kesehatan akan dimakamkan, tetapi menurut rencana jenazah akan disemayamkan di Kementerian Kesehatan Jakarta.
Kamis (26/04) ia telah menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dan tugas menteri kesehatan untuk sementara dijabat oleh wakilnya Ali Gufron.
"Ibu Endang beberapa waktu lalu secara resmi memintakan pengunduran diri beliau kepada Saya. Tujuannya supaya bisa konsentrasi untuk kesehatan beliau," kata Yudhoyono usai menjenguk Endang saat itu.
"Saya terharu tetapi saya harus menghormati bahwa beliau harus berkonsentrasi untuk pengobatan yang sedang dilakukan dan saya setujui pengunduran diri beliau," kata dia.
Lahir di Jakarta pada 1 Februari 1955, Endang menikah dengan Reanny Mamahit dan memiliki dua putra dan satu putri.
Ia dilantik sebagai menteri di Kabinet Indonesia Bersatu II pada 22 Oktober 2009. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Depkes sejak 2007.
Ia memperoleh gelar sarjana pada tahun 1979 dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan melanjutkan spesialisasi Kesehatan Masyarakat di Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat tahun 1992. Program doktor dia ambil di bidang dan kampus yang sama dan lulus pada 1997.
Ia dideteksi menderita kanker paru pada Oktober 2010 dideteksi menderita kanker paru dan telah menjalani pengobatan selama kurang lebih satu setengah tahun di dalam dan di luar negeri.

Sumber : BBC Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar