6 Mei 2012

Solusi Kanker ala Mei Wijaya


KANKER bagi sebagian orang bisa jadi hantu yang menakutkan. Hal itu karena kanker bukanlah penyakit ringan. Ditinjau dari sifat keganasannya, sekurangnya ada tiga karakter yang ditimbulkan oleh penyakit  yang kerap menyebabkan kematian itu. Selain tumbuhnya sel kanker ganas tidak terkendali, kanker akan menyerang jaringan biologis vital di dekatnya dan mampu bermigrasi (berpindah red) ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau kelenjar getah bening.
Tiga karakter ganas inilah menurut Pemerhati Masalah Kanker Mei Wijaya yang membedakan kanker dari tumor jinak.
Namun demikian bukan berarti kanker tidak bisa disembuhkan. Mei menyebut langkah awal dalam pengobatan penyakit kanker dengan mendeteksi secara benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh adalah benar-benar sel kanker ganas.
“Deteksi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan biopsy, sehingga langkah dan tahapan pengobatan bisa dilakukan secara cepat dan tepat,” kata Hj. Mei Wijaya, SKM, MARS saat ditemui, Sabtu (5/5) akhir pekan kemarin.
Hal itu pernah dia lakukan saat mendeteksi kanker yang dialami sendiri pada 2004 lalu. “Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal,” kata Mei yang sempat mendapat vonis kanker payudara tapi dengan pengobatan yang tepat selama lima tahun akhirnya dinyatakan sembuh.
Oleh karena itu, dia mengajak penderita kanker untuk tegar dan terus semangat untuk tetap hidup sehat sembari mengupayakan solusi pengobatan yang tepat.
Tak sampai disitu, menurut Mei keberhasilan pengobatan juga sangat ditentukan oleh jenis kanker dan stadium kanker, serta keadaan umum penderita, termasuk usahanya untuk sembuh. 
 “Dalam kondisi seperti itu peran keluarga dan orang-orang disekeliling penderita sangat berperan mendampingi untuk memberi motivasi sehingga harapan hidupnya bangkit,” kata Mei yang juga Kepala Puskesmas Majasari dan pemilik Rumah Sakit Bersalin Ibunda di Kabupaten Pandeglang itu. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar