11 Mei 2012

Pandeglang Masih Kekurangan Dokter


Pengurus IDIPandeglang Dilantik

HINGGA saat ini, jumlah dokter di Kabupaten Pandeglang masih kurang. Hal itu terlihat dari belum seimbangnya antara jumlah Puskesmas dengan jumlah tenaga dokter.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Iskandar pada acara pelantikan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Pandeglang masa bakti 2012-2015, di Pendopo Pemkab Pandeglang, Kamis (10/5).
Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut puluhan dokter yang bertugas di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi dan Ketua Pengurus IDI Provinsi Banten, Sutresna Uce Kusumah.
Sementara dalam sambutannya, Bupati Erwan mengapresiasi pengabdian para dokter di Pandeglang meski dengan keterbatasan fasilitas dan anggaran.
Namun demikian kata Erwan, Pemkab Pandeglang terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas dan prasarana kesehatan yang memadai serta penambahan tenaga kesehatan, khususnya dokter umum dan spesialis.
“Saya sangat mengapresiasi para dokter yang dengan ikhlas mau mengabdikan dirinya di sini (Pandeglang, red),” katanya.
Ditemui usai pelantikan, Ketua Pengurus IDI Cabang Pandeglang terpilih, dr. Asep Ceceng R mengatakan, kepengurusan IDI Pandeglang yang baru akan memberikan yang terbaik untuk pemerintah daerah dan masyarakat Pandeglang. Program kerja IDI Pandeglang yang paling dekat ujarnya, yakni meningkatkan indeks kesehatan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang baik.
“Acara pelantikan ini bukan hanya ceremony, tetapi merupakan amanat AD/ART organisasi yang harus dijalankan. Kami berkomitmen, dengan kepengurusan yang baru akan memberikan yang terbaik bagi pemerintah dan masyarakat Pandeglang,” kata Asep Ceceng R.
Asep mengakui, saat ini jumlah dokter di Kabupaten Pandeglang sebanyak 117 orang. Jumlah itu kata dia jelas belum memadai untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk itu kata dia, IDI terus berupaya mendorong dan memfasilitasi kebutuhan dokter di Pandeglang.
Namun kata dia, kebijakan untuk menambah tenaga dokter itu kembali kepada Pemkab Pandeglang selaku pemegang kewenangan tertinggi di daerah.
“Idealnya dalam satu Puskesmas itu terdapat satu dokter umum, namun hingga saat ini belum mencukupi. Maka kami mendorong dan memfasilitasi pemerintah untuk menambah jumlah dokter di Pandeglang,” terangnya.
Sementara untuk memperkuat intern organisasi IDI Pandeglang, lanjutnya, setiap dua atau tiga bulan sekali pihaknya akan melakukan sharing dengan para anggota IDI Pandeglang. Masih kata Asep, pengurus IDI Pandeglang berjumlah 38 orang. “Diharapkan kepengurusan IDI Pandeglang ini mampu memberikan yang
terbaik bagi Pandeglang,” pungkasnya.(ARI)

Sumber : BantenPos.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar