19 Mei 2012

Puskesmas Kadomas Garap Poskestren


SANTRI memainkan peran penting dalam kehidupan di lingkungan pondok pesanten (pontren). Selain tugasnya menuntut ilmu, sudah lazim para santri mengerjakan keperluan sehari-hari secara mandiri, termasuk menjaga kesehatan diri dan lingkungannya.
Kepala Puskesmas Kadomas Bidan Hj. Umbiyati, SKM mengatakan, pengetahuan kesehatan bagi santri diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan sederhana secara mandiri.
“Pengetahuan kesehatan yang dimiliki para santri diharapkan menjadi bekal untuk mempraktekan hidup bersih dan sehat, sehingga menjadi contoh perilaku sehat bagi warga sekitar pondok pesantren,” tutur Hj. Umbiyati yang ditemui, Rabu (16/5) kemarin.
Untuk itulah pihaknya kini giat menggarap program kegiatan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren)  di wilayah kerjanya.
Dia menjelaskan, keberadaan Poskestren telah dirasakan manfaatnya oleh para santri dengan mendapat ilmu pengetahuan tambahan tentang kesehatan dan mendapatkan pelayanan yang sangat memadai.
“Keberadaan Poskestren dibawah bimbingan Puskesmas menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan dasar seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan berkala, penjaringan kesehatan santri maupun kesehatan lingkungan dan kebersihan diri atau melakukan pemberantasan nyamuk dan sarangnya,” jelasnya.
Selain itu lanjut Umbiyati, pihaknya sedang menjajagi kerjasama dalam pelayanan pengobatan disejumlah pontren. Hal itu tambahnya, untuk menjamin kesehatan santri dan keluarga di lingkungan pontren ketika menderita sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar